Pelat Nomor Putih Bisa Buat Bayar Tol dan Parkir

  • Share

Kamis, 6 Januari 2022 – 11:20 WIB

Oto Mobile – Selama ini kendaraan bermotor milik pribadi di Indonesia menggunakan pelat nomor dengan warna dasar hitam dan tulisan putih. Namun, ke depannya hal itu akan berubah.

Korps Lalu Lintas Polri berencana mengganti warna dasar pelat nomor, dari hitam menjadi putih. Sementara itu, tulisannya diubah dari putih menjadi hitam.

Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa perubahan itu bertujuan supaya memudahkan petugas dalam memantau adanya pelanggaran lalu lintas dengan memanfaatkan teknologi tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement.

“Utamanya adalah untuk kebutuhan ETLE. Jadi, kalau warna dasar putih tulisan hitam akan lebih mudah terlihat dari jauh oleh kamera.” ujarnya kepada Oto Mobile Otomotif, Kamis 6 Januari 2022.

Ilustrasi kamera ETLE

Rencananya, penerapan pelat nomor putih tersebut akan mulai dilakukan pada tahun ini. Aturan mengenai perubahan itu tertuang dalam Peraturan Kepolisian nomor 7 tahun 2021 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

“Kami upayakan tahun ini sudah dimulai pakai pelat nomor putih. Secepatnya akan diterapkan, jadi beli mobil baru dapat pelat putih, kemudian yang perpanjangan STNK lima tahun,” tuturnya.

  • Share