Kepolisian India Tangkap Tiga Tersangka yang Jual Perempuan Muslim Lewat Aplikasi

  • Share

OtoMobile.id – Kepolisian di India menyampaikan, mereka telah menangkap tiga tersangka yang diduga terlibat memasang ratusan foto perempuan Muslim dan menjual mereka melalui sebuah aplikasi.

Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah perempuan Muslim India menyampaikan di media sosial, foto mereka digunakan tanpa persetujuan untuk diunggah dalam platform GitHub.

Aplikasi itu disebut “Bulli Bai”, istilah untuk merendahkan perempuan Muslim.

Divisi kejahatan siber Kepolisian Mumbai pada Rabu pagi menangkap Mayank Rawal (21) dari negara bagian Uttarakhand, seperti dilaporkan portal berita Press Trust.

Rawal adalah orang ketiga yang ditangkap dalam kasus ini setelah Vishal Kumar (21) seorang mahasiswa teknik, dan Shweta Singh, perempuan berusia 19 tahun yang dicurigai polisi menjadi tersangka utama.

Kepolisian Mumbai mengatakan pada Selasa, Kumar ditangkap di Bangalore, sementara Singh ditangkap di Uttarakhand.

Dalam laporan polisi yang diajukan pada Minggu, seorang jurnalis yang berbasis di New Delhi, Ismat Ara yang menjadi target dalam kasus ini, mengatakan itu adalah sebuah upaya untuk melecehkan perempuan Muslim.

“GitHub tersebut mengandung kekerasan, mengancam dan bertujuan untuk menciptakan rasa takut dan rasa malu di pikiran saya, juga di pikiran perempuan pada umumnya, dan komunitas Muslim yang perempuannya ditargetkan dalam tindakan penuh kebencian ini,” jelas laporan tersebut, yang diunggah Ara di media sosial, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (6/12).

Sabtu lalu, Menteri Informasi dan Teknologi India, Ashwini Vaishnaw mengatakan GitHub telah mengonfirmasi bahwa mereka telah memblokir pengguna yang menciptakan aplikasi Bulli Bai. [pan]

  • Share