Mobnas Vietnam Berkembang Pesat, Siap Kenalkan Semi-Autonomous Level 2+

  • Share
Jakarta

Mobil nasional Vietnam, Vinfast, terus melakukan pengembangan teknologi bantuan pengemudi (drive assist). Terbaru, Vinfast mengatakan siap membuat kendaraan dengan teknologi semi-autonomous level 2+, hasil kerja sama dengan ZF.

Dikutip dari Carscoops, Vinfast mengonfirmasi bahwa ZF akan memasok beberapa teknologi, mulai kamera, radar, hingga sensor LIDAR. Sistem tersebut akan memungkinkan VinFast dan ZF mencapai otonom level 2+, dengan pengembangan fitur-fitur canggih seperti Traffic Jam Pilot, Highway Driving Chauffeur, dan Automated Valet Parking.

“Masa depan adalah (kendaraan) listrik dan (teknologi mengemudi) otomatis. Kami berusaha membantu melindungi lingkungan kami sambil menyediakan transportasi yang meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi. Kami akan bekerja sama untuk mencapai visi ini bagi pelanggan VinFast saat kami memperluas penjualan kami di seluruh dunia,” kata Kepala Eksekutif Global VinFast, Le Thi Thu Thuy.

VinFast telah mengembangkan sistem mengemudi otomatisnya bersama ZF di Cina, Jerman, dan di Amerika Utara dan diharapkan untuk meluncurkannya pada pertengahan 2022. Sistem Parkir Valet Otomatis ZF akan lebih mudah operasionalnya karena hanya akan mengandalkan sensor kendaraan dan tidak memerlukan struktur parkir yang telah dipetakan dan diinstrumentasi untuk beroperasi.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan VinFast untuk membawa tingkat otonom yang lebih tinggi ke kendaraan penumpang ringan mereka,” tambah anggota dewan manajemen ZF, Martin Fischer.

“Meningkatkan kemampuan dalam segala bentuk mobilitas adalah tujuan kami. Desain dan pengembangan sistem AD (Automated Driving) tingkat tinggi akan membantu pengemudi di seluruh dunia dalam menikmati tingkat keamanan, kenyamanan, dan kecerdasan. Ini visi kami ketika kami berbicara mengenai The Next Generation of Mobility dan satu bukti bagaimana kami mewujudkannya sekarang,” tukas Fischer.

(lua/rgr)

  • Share