Bawang Putih Hingga Kacang, 7 Makanan Sehat yang Bisa Sebabkan Bau Badan Tak Sedap

  • Share

OtoMobile.id – Menyantap makanan yang sehat baik untuk menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari masalah kesehatan. Namun waspada, beberapa makanan sehat ini diketahui bisa menyebabkan bau badan tidak sedap.

Mengutip Daily Meal, perubahan bau badan kemungkinan besar terjadi akibat protein pada makanan yang tidak bisa dicerna dengan baik, dan keluar melalui keringat tubuh.

Lalum, apa saja makanan yang bisa menyebabkan bau badan tidak sedap?

1. Brokoli, Brusell, dan Kecambah

Baca Juga:
Inilah Tren Makanan Tahun 2022 yang Akan Digandrungi Masyarakat

Tiga makanan dengan antioksidan ini bisa memicu bau badan tidak sedap. Penyebabnya ada pada efek perut kembung, belerang dalam makanan ini bisa memicu bau seperti telur busuk.

ilustrasi brokoli (pixabay).
ilustrasi brokoli (pixabay).

Disarankan saat memasaknya, kombinasikan dengan rerempahan seperti kunyit, ketumbar yang bisa mengendalikan emisi atau sisa-siga gas di tubuh.

2. Bawang putih

Kandungan allicin dalam bawang putihlah yang membuat rempah yang satu ini berbau menyengat, dan mengonsumsi banyak bawang putih akan berdampak pada bau keringat. Senyawa sulfur lain yang dikandung bawang putih adalah allin.

3. Makanan berempah

Baca Juga:
Orang Terpapar Omicron Banyak Keluarkan Keringat pada Malam Hari

Salah satu makanan sehat yang bikin bau badan adalah masakan yang sarat dengan rempah-rempah. Kelebihan asupan rempah-rempah menyebabkan sulfur yang berlebihan yang ketika Anda berkeringat akan cenderung untuk melepaskan bau yang lumayan tajam.

4. Ikan laut

Mengutip Boldsky, ikan laut yang kaya akan asam amino diketahui bermanfaat untuk kesehatan otak. Sayangnya kandungan yang sama juga menyebabkan bau badan.

5. Asparagus

Memiliki kandungan serat tinggi, asparagus rupanya bisa membuat bau keringat Anda menjadi tidak sedap. Bahkan, konsumsi asparagus tidak hanya membuat bau badan tak sedap tapi juga memberikan aroma urin tak menyenangkan.

6. Produk olahan susu

Produk olahan susu mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Namun kelebihan mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menyebabkan bau badan.

7. Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan menyebabkan gas dan mengandung gula jenis oligosakarida yang bisa menyebabkan perut kembung dan bersendawa. Kacang-kacangan juga menyebabkan bau badan Anda lebih menyengat.

  • Share