Dakar 2022 Etape 4: Catatan Waktu Beda Tipis, Yazeed Al-Rajhi Jadi Pemenang Trek Riyadh

  • Share

Oto Mobile – Pembalap Yazeed Al-Rajhi meraih kesuksesan sebagai pemenang etape 4 Reli Dakar 2022 kategori mobil. Sempat kepayahan di 150 km pertama, akhirnya pembalap yang melahap di trek sepanjang 465 km dari Al Qaisumah ke Riyadh ini membawa tim Overdrive Toyota menuju kemenangan.

Hanya berselang 14 detik dari Al-Rajhi, posisi kedua diamankan oleh pembalap tim Toyota Gazoo Racing Nasser Al-Attiyah, yang dinilai tampil gemilang sejak awal etape.

Mantan pembalap World Rally Championship (WRC), Sebastien Loeb melaju menempati podium ke-3 yang juga ditempel oleh rivalnya yang juga merupakan mantan pembalap WRC, yakni Carlos Sainz di posisi keempat.

Baca juga: Dakar 2022 Etape 3: Carlos Sainz Bawa Audi Kuasai Balap Rute Al Qaisumah

Para pembalap yang menggeber mobil-mobil diatas, tercatat hanya berjarak 1 menit 6 detik pada trek Al Qaisumah ke Riyadh dengan jarak 465 km tersebut.

Henk Lategan tak seberutung timnya yakni Nasser Al-Attiyah, pasalnya, Lategan yang sempat memimpin jelang km ke-313 akhirnya harus telan pil pahit karena mengalami masalah mobil.

Tak hanya dirinya, Stephane Peterhansel pun harus menerima kesialan bertubi-tubi setelah etape sebelumnya mengalami kerusakan mobilnya. Pasalnya ia kembali mengalami kerusakan suspensi yang dinilai parah pada etape ke-4 ini.

Baca juga: Dakar 2022 Etape 2: Loeb Mulai Kejar Al-Attiyah

Hal tersebut dialami saat mobilnya sedang dalam posisi jump dan pendaratan yang dilakukan kurang sempurna. Hasilnya, suspensi belakang bagian kiri Audi RS Q e-tron-nya kembali rusak parah. Hal itu semakin memperburuk kondisi mobilnya yang juga sedang mengalami kerusakan sistem pendingin mesin.

Klasemen sementara masih dipegang oleh pembalap asal Qatar dari tim Toyota Gazoo Racing yakni Nasser Al-Attiyah, diikuti Sebastien Loeb dengan gap 38 menit 5 detik. Sedangkan, Al-Rajhi memposisikan dirinya di peringkat 3 klasemen dengan selisih 47 menit lebih.

Tentunya, hal tersebut membuat singgasana juara makin dekat dengan Al-Attiyah. Namun, para pembalap masih memiliki kesempatan untuk merebutnya di beberapa etape selanjutnya.

  • Share