Ada Aturan Baru di Rest Area saat Mudik Lebaran

  • Share

Rabu, 20 April 2022 – 10:30 WIB

Oto Mobile – Para pemilik mobil yang sering ke luar kota, tentu tidak asing dengan kehadiran tempat peristirahatan atau rest area. Jumlahnya berbeda-beda, tergantung dari seberapa panjang jalan tol tersebut.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat untuk melepas penat dan mengisi bahan bakar, rest area juga menyuguhkan beragam kuliner serta minimarket.

Saat libur panjang, tak jarang tempat tersebut dijadikan sebagai titik pertemuan dengan anggota keluarga, sebelum mereka bersama-sama menuju kampung halaman.

Meski jumlahnya ada beberapa, namun pada masa-masa tertentu tempat ini bisa sangat penuh oleh pengunjung. Contohnya saat musim mudik atau cuti bersama, di mana volume kendaraan yang masuk tidak sebanding dengan kapasitas tampungnya.

Warung UMKM di rest area di Ruas Tol Ngawi-Kertosono KM 597 B

Warung UMKM di rest area di Ruas Tol Ngawi-Kertosono KM 597 B

Menyambut Lebaran tahun ini, pemerintah provinsi dan kepolisian memberlakukan aturan baru di tempat peristirahatan sementara itu. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Aturan baru yang dimaksud, yakni pemudik hanya diizinkan untuk singgah maksimal 30 menit saja. Tujuan dari pembatasan itu, agar tidak terjadi penumpukan dan kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang hendak masuk ke area tersebut. Terutama, menjelang waktu buka puasa.

  • Share