Recall Daihatsu Rocky, Sudah Berapa Unit yang Diperbaiki?

  • Share
Jakarta

Pada 11 Maret 2022 lalu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) untuk model SUV kompak, Rocky. Bicara soal perkembangannya, sudah sebanyak apakah Daihatsu Rocky konsumen yang sudah dilakukan recall?

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, konsumen Daihatsu Rocky cukup tanggap dalam menyambut kampanye perbaikan ini. Hal itu tercermin dari jumlah konsumen Rocky yang sudah datang ke dealer untuk melakukan perbaikan.

“Terkait recall yang kemarin kita umumkan di tanggal 11 Maret, alhamdulillah capaian dan antusiasme dari masyarakat sangat bagus. Planning awal Maret itu kita (targetkan) sekitar 400-500 orang (konsumen Rocky) atau 5%. Namun sampai hari kemarin (14/4) itu yang datang sudah 1.183 (orang), ungkap Bambang di Kantor Pusat ADM, Sunter, Jakarta Utara (15/4).

“Jadi banyak kustomer yang aware (sadar), yang paham, bahwa kita sebagai pabrikan melakukan tanggung jawabnya, ketika ada potensi, kita melakukan pemanggilan dan ini dua kali lebih banyak dari apa yang direncanakan di awal. Mayoritas yang menyumbang dari DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” sambungnya lagi.

Sebagai informasi, ADM melakukan recall sebanyak 9.378 unit Daihatsu Rocky dengan periode produksi 28 April-7 Oktober 2021. Recall ini dilakukan untuk melakukan penguatan, dengan menambah titik area pengelasan pada bagian dudukan (apron) shock absorber depan.

Masalah ini berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara ketika melewati kondisi jalanan rusak, dan saat kecepatan tinggi akan timbul bunyi abnormal pada bagian dalam kap mobil, hingga potensi terlepasnya komponen dudukan shock absorber tersebut.

Untuk mengatasi itu, ADM akan menambah titik pengelasan pada bagian dudukan shock absorber depan, dari awalnya 14 titik akan ditambah jumlahnya 11 titik, sehingga totalnya menjadi 25 titik.

Daihatsu merekomendasikan pelanggan yang mobilnya masuk dalam daftar program recall untuk dapat membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel resmi Daihatsu terdekat untuk dapat ditangani oleh mekanik Daihatsu tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Adapun untuk waktu proses perbaikannya, pada Rocky akan berlangsung selama sekitar 10 jam kerja atau sekitar 2 hari. Untuk prosedur recall, Daihatsu secara aktif akan menghubungi pelanggan yang kendaraannya masuk ke dalam program ini. Pelanggan juga bisa memastikan kendaraannya apakah kena recall atau tidak melalui situs www.daihatsu.co.id/recall.

Selain itu, kembaran Daihatsu Rocky, yakni Toyota Raize, juga di-recall dengan masalah yang sama. Pada Raize, recall dilakukan terhadap 14.777 unit kendaraan yang dibuat antara periode November 2020 hingga Oktober 2021.

(lua/din)

  • Share