Ayo Tebak Berapa Kira-kira Harga Toyota bZ4x di Indonesia, Rp 500 Juta?

  • Share
Jakarta

Toyota bZ4x akan menjadi armada untuk delegasi Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang digelar di Bali. Rencananya, Toyota Astra Motor (TAM) juga akan menjual mobil listrik tersebut ke publik.

Anton Jimmi selaku Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor mengatakan, saat ini Toyota akan fokus mempersiapkan bZ4x untuk ajang G20 nanti. Ia juga mengatakan kalau SUV listrik ini secara bertahap akan masuk ke Indonesia.

“Memang pertama kita sedang fokus mempersiapkan G20, karena ini event yang penting, dan kebanggaan Indonesia juga. Jadi kita sudah membicarakan hal ini, kebutuhannya. Jumlah unitnya sekitar 140-an unit. Secara bertahap akan masuk ke Indonesia. Sebelum acara G20 di akhir tahun. Ini yang jadi fokus kita saat ini,” kata Anton Jimmi beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Anton mengatakan pihak Toyota juga tengah mendiskusikan penjualan bZ4x. Khususnya terkait layanan purna jual dan sejumlah infrastruktur lainnya.

“Ini on going, kita sedang mendiskusikan bagaimana pemasarannya. Detail mengenai penjualan dan sebagainya, nanti ditunggu-lah, pada saatnya akan diinformasikan,” jelas Anton.

“Sekarang sedang fokus untuk mensukseskan G20. Ini tidak hanya masalah mengimpor mobil, tapi juga menyiapkan infrastruktur, after sales, sparepart, dan kemudian fasilitas charging, termasuk melatih driver, mekanik dan sebagainya,” tambah dia.

Toyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama ToyotaToyota bZ4X, Mobil Listrik Pertama Toyota Foto: Dok. Toyota

Soal harga Toyota bZ4x tentu belum ada di Indonesia sebab mobil listrik tersebut belum resmi diluncurkan. Namun jika melihat harga yang ditawarkan di sejumlah negara, hal ini bisa menjadi acuan.

Misalnya di Amerika Serikat, Toyota bZ4x dibanderol mulai dari US$ 42.000 atau setara Rp 603 juta. Harga tersebut merupakan tipe standar yakni Toyota bZ4x XLE. Sementara untuk versi Limited dibanderol mencapai US$ 46.700 atau sekitar Rp 670 jutaan.

Baik model XLE maupun Limited memiliki performa yang sama. Keduanya juga bisa dipesan dengan pilihan FWD atau AWD. Perbedaan keduanya terdapat pada segi ukuran velg, lalu sejumlah fitur unggulan di tipe Limited seperti Birds Eye View Camera with Perimeter Scan, Multi-LED projector low and high-beam headlights, layar infotainment 12,3 inci dan kunci digital.

Sebagai informasi mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

Sekali isi penuh baterai, mobil listrik ini bisa menjangkau jarak 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD. Baterainya mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit.

Diketahui pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Toyota bZ4XToyota bZ4X Foto: doc. Toyota

Mengenai performa, Toyota bZ4X FWD hadir dengan motor listrik tunggal yang dipasang di depan. Motor listrik itu bisa menghasilkan tenaga hingga 201 dk. Akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 8,4 detik.

Sementara varian AWD dibekali dua motor listrik di depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan 107 dk dengan output gabungan 215 dk. Meski 85 kg lebih berat, Toyota bZ4X AWD bisa berakselerasi lebih cepat, 0-100 km/jam dalam 7,7 detik.

Simak Video “Punya Toyota Raize dan Belum Sempat Ikut Recall? Hindari Melakukan Hal Ini!
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

  • Share