Mengetahui 5 Tanda Mesin Mobil Bakal Overheat

  • Share

Ketika Anda berkendara jarak jauh terutama saat mudik lebaran nanti, Anda perlu memastikan kondisi mobil Anda prima dan tidak bermasalah jika berjalan lama.

Pasalnya jika mobil jarang dirawat, kemungkinan ada masalah yang dapat menyebabkan mobil mogok di jalan. Salah satu yang sering terjadi di jalan ialah mobil yang mengalami overheat.

Untuk mengetahui beberapa ciri mobil yang akan overheat. Sebaiknya Anda mengetahui lima tanda mesin overheat menurut Auto2000.

1. Peringatan Suhu Mesin Meningkat

Tanda overheat pada mobil yang paling mencolok dapat terlihat dari peringatan suhu mesin terus meningkat. Di bagian speedometer mobil terdapat indikator penanda suhu mesin.

Jika indikator tersebut sudah meningkat yang artinya suhu mesin sudah lebih panas daripada yang seharusnya, maka gejala overheat sudah muncul.

Perhatikan jarum indikator suhu mesin tersebut. Semakin mendekat ke arah huruf H, maka artinya suhu mesin semakin Hot alias panas. Sebaiknya Anda coba mencari tempat aman untuk menghentikan mobil, lalu mematikan mesin untuk menurunkan suhunya.

2. AC Tidak Dingin

Fitur AC yang bekerja dengan baik pasti memberikan udara dingin di dalam kabin mobil. Namun bagaimana jika tiba-tiba AC sudah tidak dingin, bahkan menyemburkan angin saja yang terasa panas? Kejadian ini dapat menjadi pertanda bahwa mobil mengalami overheat. 

3. Muncul Asap atau Uap di Kap Mobil

Tanda lainnya dari masalah overheat mobil yang cukup mencolok adalah kemunculan asap atau uap dari kap mobil. Jika tanda ini muncul, sebaiknya Anda segera berhenti di pinggir jalan yang sudah aman. Kemudian matikan mesin.

Hal ini menandakan bahwa mesin mobil sudah mengalami panas yang terlalu berlebih. Anda wajib menunggu sekitar 5-10 menit agar suhu panas turun. Jangan langsung membuka kap mesin karena dapat menimbulkan bahaya. Pastikan asap sudah semakin menipis sebelum mengecek kondisi mesin mobil.

4. Coolant Radiator Menetes

Sudah melihat indikasi terjadi overheat pada mobil? Coba Anda memperhatikan apakah ada genangan air pendingin di bawah mobil. Jika ada tetesan, maka bisa jadi itu merupakan cairan pendingin yang mengalami kebocoran. Tanda ini dapat muncul ketika mulai muncul peningkatan panas pada mesin yang tidak lazim.

5. Suara Gelembung di Reservoir

Ketika mesin mobil sudah mulai merasakan peningkatan panas yang tidak lazim, cairan pendingin dapat masuk ke wadah yang meluap sehingga menimbulkan suara seperti gelembung di bagian mesin. Kejadian ini menunjukkan bahwa ada udara di sistem pendingin sehingga dapat menyebabkan panas berlebihan.

  • Share