Bukan Rocky dan Xenia, Ini Mobil Terlaris Daihatsu Maret 2022

  • Share
Jakarta

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis data penjualan mobil bulan Maret 2022. Di bulan ketiga tahun ini, mobil LCGC (Low Cost Green Car) dan kendaraan niaga masih menjadi model terlaris Daihatsu. Lalu di manakah posisi Xenia dan Rocky?

Kondisi pasar otomotif nasional semakin membaik, didukung kebijakan relaksasi PPnBM DTP (Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah). Hingga Kuartal I 2022, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel lebih dari 238 ribu unit, atau naik sebesar 33,6% dibandingkan periode yang sama Kuartal I tahun 2021 lalu sekitar 178 ribu unit.

Capaian tersebut menandakan bahwa penjualan otomotif semakin mendekati ke level normal seperti pada sebelum pandemi COVID-19. Secara brand, dari brand Daihatsu mencatatkan penjualan ritel hingga Kuartal I 2022 berada di posisi nomor 2 penjualan otomotif nasional dengan raihan sekitar 46 ribu unit.

Market share pabrikan saudara Toyota ini tercatat 19,7%, atau naik sebesar 2,7% dibandingkan periode yang sama Kuartal I tahun 2021 lalu sebanyak 30 ribu unit dengan market share 17%.

Bila membandingkan secara bulanan (Maret 2022 VS Februari 2022), penjualan Daihatsu mengalami kenaikan sekitar 24%. Adapun top 3 kontributor tipe Daihatsu yang mendapat diskon PPnBM, dan memiliki persentase penjualan tertinggi terdapat pada model Terios dengan kenaikan signifikan sekira 118%, atau lebih dari 2 kali lipat menjadi 2.339 unit dari sebelumnya 1.072 unit. Kemudian disusul Xenia naik 75% menjadi 2.313 unit dan Rocky 16% menjadi 1.245 unit.

Adapun model terlaris Daihatsu di bulan Maret 2022 adalah LCGC Sigra yang mencatatkan penjualan sebesar 3.311 unit dan menempati urutan kedua. Dan model niaga Granmax Pick Up meraih penjualan terbanyak dengan angka 3.615 unit.

“Daihatsu bersyukur, dapat menutup penjualan Kuartal I 2022 dengan raihan positif. Capaian ini juga semakin mendekati ke level normal seperti sebelum pandemi COVID-19. Semoga raihan baik ini dapat terus berlangsung, dan penjualan otomotif nasional bisa terus meningkat dibanding tahun sebelumnya,” kata Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso.

Penjualan Daihatsu per model Kuartal I 2022Penjualan Daihatsu per model Kuartal I 2022 (Foto: Astra Daihatsu Motor (ADM))

(lua/din)

  • Share