Menanti Ekspor Toyota Kijang Innova Hybrid Buatan Indonesia – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Toyota membeberkan mobil-mobil hybrid rakitan Indonesia nantinya juga diekspor. Merek ini sendiri diketahui bersiap melepas Kijang Innova hybrid pada 2022.

Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menegaskan lagi rencana memproduksi mobil hybrid tahun ini, saat memberikan kata sambutan di sebuah acara virtual bersama media massa.

“Tahun ini, Toyota Indonesia juga akan berkontribusi nyata menciptakan ekosistem elektrifikasi dengan memulai produksi kendaraan listrik berteknologi hybrid di pabrik Karawang,” ucap dia, Kamis (14/4/2022).

Rencana meluncurkan dan menjual mobil hybrid rakitan lokal pada 2022 sendiri sudah Toyota ungkap sejak tahun lalu.

Meski tak mengungkap identitas modelnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa kali membocorkan bahwa Kijang Innova akan menjadi mobil hybrid produksi Indonesia pertama dari merek tersebut.

Para eksekutif Toyota hingga detik ini menolak mengonfirmasi pernyataan Agus.

Lebih lanjut, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam menyatakan mobil-mobil hybrid rakitan lokal mereka nantinya tak hanya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen domestik. Pasar ekspor mereka intip pula.

“Dengan ini (memproduksi model-model hybrid), sih, kami berharap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di dalam negeri, kemudian juga untuk ekspor,” pungkas dia tanpa menyebut model apa yang akan pertama kali diekspor.

Sekadar informasi, Kijang Innova versi mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) kebetulan sudah terlebih dahulu menjadi salah satu komoditas ekspor Toyota dari Indonesia.

Pabrikan otomotif terbesar di dunia ini mengekspor berbagai model dalam bentuk unit utuh (completely built up/CBU), terurai (completely knock down/CKD), maupun komponen ke lebih dari 80 negara.

Tahun lalu, menurut data, Toyota mengekspor sekitar 188 ribu unit mobil CBU buatan Indonesia. Jumlah ini sudah 90 persen dari volume ekspor mereka prapandemi Covid-19 (2019).

Bob mengatakan pada Januari-Maret 2022 ekspor CBU Toyota mencapai 73 ribu unit ke empat benua. Ada peningkatan 48 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Kembali ke Kijang Innova, dalam pagelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) pada akhir Maret hingga awal April kemarin Toyota memamerkan versi mobil listrik murninya.

Namun, model bernama Kijang Innova EV Concept itu masih bersifat mobil konsep.

“Filosofi kami ‘we make people before we make product’. Proyek Kijang Innova EV Concept ini kami lakukan untuk mengembangkan kapabilitas para engineer Indonesia di bidang elektrifikasi,” terang Warih. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share