Mudik Pakai Mobil Jeep, Bikin Nyaman atau Menyiksa?

  • Share

Dikenal karena kemampuan off-road-nya, lalu bagaimana jika mobil Jeep dipakai untuk mudik ke kampung halaman? Petinggi DAS Indonesia mengungkapkan pendapatnya.

Dengan segala kelebihannya di jalan off-road, apakah mobil Jeep masih tetap menyenangkan untuk dibawa mudik? Sebuah pertanyaan menggelitik yang kami kira bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin pulang ke kampung halaman pada musim mudik Lebaran 2022 ini.

Nyaman dan tangguh di jalanan

Khusus untuk kenyamanan serta rasa berkendara ketika dibawa dalam perjalanan jauh, Jeep masih menjadi salah satu alternatif terbaik di Indonesia. Sehingga menggunakan Jeep sebagai mobil mudik tentunya tak menjadi masalah.

Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor, Dhany Yahya pun mengungkapkan pendapatnya mengenai masyarakat yang menggunakan mobil Jeep untuk perjalanan jauh, khususnya ketika mudik Lebaran. Pengendaraannya yang kokoh membuatnya menyenangkan untuk dibawa ke berbagai medan bergelombang maupun kasar.

“Fun ya. Saya juga termasuk salah satu rombongan yang ikut mudik. Feel-nya tentu berbeda,” jelas Dhany. “Kita nyari jalan tikus ya, misalkan ke gunung-gunung segala macem, fleksibilitasnya sangat tinggi.”

>>> Klik di sini untuk mobil Jeep bekas terbaik dengan harga termurah

mobil Jeep Compass yang ada di Indonesia
Jeep dikenal karena tangguh siap menantang segala medan

Selain itu, kekuatan Jeep juga terletak pada kenyamanan dan kepraktisan di dalam kabin. Bisa menampung hingga banyak penumpang, Jeep juga menawarkan ruang kabin yang lega untuk membawa barang bawaan. Sehingga berkendara bersama keluarga dalam perjalanan jauh bukan menjadi batasan bagi pemilik Jeep.

“Terus juga bisa dipakai momentum saat kita mau mudik ini beserta keluarga menikmati outdoor. Kan makanya ramai sekarang glamping lah sejak pandemi ini. Nah mobil ini ya mungkin salah satu mobil yang cocok untuk melakukan hal tersebut,” tambah Dhany.

>>> Mau Mudik? Simak Cara Penggunaan Roof Box & Roof Rack yang Benar

Namun yang patut diperhitungkan tentunya konsumsi BBM mobil Jeep yang tak bisa dibilang irit jika dibandingkan dengan model MPV maupun hatchback yang berbobot lebih ringan. Apalagi jika menghadapi jalanan penuh kemacetan yang tentunya sangat menguras efisiensi mesin.

mesin Jeep Compass berkapasitas 2.4 liter
Memiliki mesin bertenaga dengan kapasitas besar, perhatikan konsumsi BBM Jeep

Selain itu, Jeep yang berbodi bongsor juga menyulitkan untuk berkendara di jalanan yang sempit. Hal lain yang patut diperhatikan adalah kualitas bahan bakar mobil Jeep, apalagi Jeep bermesin diesel yang harus berhati-hati dengan kualitas solar yang diberikan.

>>> Siap-Siap, Mudik 2022 Bakal Ganjil-Genap Di Jalan Tol

Lebih banyak model “comfort”

Dalam acara buka puasa bersama media, Dhany juga menjelaskan bahwa Jeep tidak hanya membawa model berorientasi off-road ke Indonesia. Mengingat penggemar mobil Jeep tak terlalu mementingkan kemampuan off-road, tapi juga kenyamanan ketika berkendara di jalanan beraspal.

“Nama Jeep dan dari GP, General Purpose,” jelas Dhany. “Padahal jangan salah loh kalau misalkan di dunia, yang terbesar itu bukan Wrangler penjualannya, tapi Grand Cherokee atau Compass. Dan mereka bukan terkenal karena kemampuan off-road-nya, tapi untuk mobility.”

Jeep Meridian 2022 yang dirilis di India
DAS Indonesia mempersiapkan Jeep Meredian untuk pasar Indonesia

Untuk itu, beberapa model terbaru Jeep global tak lupa menghadirkan model berorientasi kenyamanan. Beberapa model juga dipersiapkan untuk pasar Indonesia sebagai volume maker Jeep, salah satunya Jeep Meridien, SUV 7-seater yang baru saja dirilis di India tahun lalu dan siap dibawa ke Indonesia pada akhir 2023 mendatang.

>>> Rekomendasi Mobil Untuk Mudik: Toyota Kijang Super (1986-1996)

  • Share