Kenapa Setir Mobil Harus Lurus Saat Parkir?

  • Share

Oto Mobile – Saat mobil hendak diparkir, sebagian orang biasanya meluruskan setir terlebih dahulu sehingga ban tampak lurus. Kebiasaan ini merupakan salah satu yang sering dilakukan, apalagi oleh pemilik mobil lawas. Namun, memarkir mobil dengan setir yang lurus bukan hanya sekedar tampak rapih dan alasan estetika. Lantas, kenapa setir harus dalam keadaan lurus saat parkir mobil?

Setir dalam keadaan lurus tentu saja tidak hanya untuk urusan estetika dan kerapian. Kebiasaan setir dalam keadaan lurus saat mobil parkir juga dapat menjaga kinerja dari power steering, khususnya bagi mobil dengan power steering model hidraulis. Kinerja dari power steering hidraulis memakai cairan minyak atau oli yang menghasilkan tekanan pada rack steer. Tekanan ini berfungsi meringankan beban kerja tangan ketika memutar setir untuk membelokkan ban.

Baca Juga: Benarkah Power Steering Hidrolik Lebih Tahan Banjir?

Saat ban sedang dibelokkan pada satu sisi, maka tumpuan beban tekanan oli power steering akan berada pada salah satu bagian. Ketika kondisi mesin mati, oli akan terus tertekan dan tidak bersirkulasi. Efek jangka panjang parkir tidak meluruskan setir adalah seal dan jalur oli tidak akan bisa lagi  menahan beban dan sewaktu-waktu bisa jebol. Saat oli power steering bocor, setir akan terasa lebih berat ketika dibelokkan. Steering lock juga bisa terjadi akibat komponen power steerin menahan beban setir yang berada pada posisi tidak lurus. Selain alasan teknis, meluruskan setir juga bertujuan agar memudahkan mobil untuk dipindahkan, khususnya saat parkir paralel.

Mobil dengan Electric Power Steering

Khusus dengan mobil yang menggunakan Electric Power Steering (EPS), parkir dengan posisi ban lurus atau belok tidak akan ada pengaruhnya terhadap komponen power steering. EPS mengandalkan motor listrik yang akan memberi tekanan pada rack steer. Tidak seperti power steering hidarulis, EPS mendapatkan perintah dari ECU yang bekerja mengikuti putaran mesin. Saat mesin dalam keadaan mati, sistem EPS tidak akan mendapatkan penyaluran tenaga listrik dari ECU. Oleh karena itu, posisi ban yang lurus atau belok saat parkir tidak berpengaruh terhadap mobil yang menggunakan EPS.

  • Share