Ekspor Mobil Toyota Buatan RI Meroket, Imbas Invasi Rusia ke Ukraina

  • Share
Jakarta

Ekpor mobil CBU (Completely Built Up) Toyota buatan pabrik Karawang, Jawa Barat sepanjang Januari-Maret 2022 mengalami kenaikan hampir 50 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Seberapa besar angkanya?

“Kinerja ekspor syukur Alhamdulillah, di Januari, Februari, Maret ini ekspor kita sudah mencapai sekitar 73 ribu unit. Jumlah ini cukup baik peningkatannya. Jadi ekspor Januari-Maret ini bahkan sudah melebihi pencapaian sebelum pandemi,” ujar Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dalam acara virtual, Kamis (14/4/2022).

Bob mengatakan kenaikan angka ekspor terjadi di kawasan Asia Tenggar dan Timur Tengah. Khusus negara produsen minyak, karena mendapat berkah dari kenaikan harga minyak tahun ini sehingga permintaan mobil ikut terdongkrak naik.

Recovery ini terjadi di Timur tengah dan Asia Tenggara. Timur tengah mungkin dikarenakan efek dari perang Ukraina dan Rusia harga minyak naik, mungkin Timur Tengah mendapatkan blessing dari kenaikan harga minyak. Kemudian di Asia Tenggara terjadi pemulihan ekonomi sehingga demand juga meningkat,” terang Bob.

Dalam data yang dirilis Toyota, pada kuartal pertama (Januari-Maret) tahun 2022, Toyota berhasil mengapalkan 10 model CBU Toyota brand sebanyak 73.000 unit ke 4 benua. Pencapaian ini meningkat 48% dibandingkan total ekspor pada periode yang sama di tahun sebelumnya (49.000 unit).

Kinerja ini bahkan lebih besar 58% dari performa ekspor sebelum pandemi di tahun 2019 (46.000 unit). Pencapaian positif ini didukung oleh peningkatan permintaan model kendaraan Toyota seperti Toyota Veloz dan model lainnya di negara tujuan ekspor seperti di Timur Tengah dan ASEAN.

“Veloz jadi kontributor buat ekspor kita yang cukup besar. Per bulannya produksi Veloz 9.000-an itu termasuk domestik dan ekspor,” ujar Bob.

Berikut ini capaian ekspor Toyota Januari-Maret 2022:

  1. SUV (Fortuner, Rush, Raize): 36.600 unit
  2. MPV (Kijang Innova, Sienta, Avanza, Town/Lite Ace, Veloz): 20.500 unit
  3. Sedan, Hatchback, LCGC (Vios, Yaris, Agya): 15.900 unit

Simak Video “Toyota Pede Bisa Ekspor 284.000 Unit Mobil Produksi Indonesia Tahun Ini
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

  • Share