Orang Luar Negeri Semakin Suka Mobil Buatan RI

  • Share

Jumat, 15 April 2022 – 10:50 WIB

OtoMobile.id – Pada kuartal pertama tahun ini, Toyota Indonesia sudah mengapalkan 10 model mobil rakitan dalam negeri sebanyak 73 ribu unit ke empat benua. Pencapaian ini meningkat 48 persen dibandingkan total ekspor pada periode yang sama di tahun lalu, yang tercatata 49 ribu unit.

Kinerja ini bahkan lebih besar 58 persen dari performa ekspor sebelum pandemi di 2019, yang diketahui sebanyak 46 ribu unit. Salah satu model yang berkontribusi besar, yakni Toyota Veloz.

Jumlah unit yang diekspor ke wilayah Asia Tenggara dan Timur Tengah itu didominasi tipe Sport Utility Vehicle seperti Fortuner, Rush dan Raize, dengan jumlah 36.600 unit.

Kemudian diikuti oleh Multi Purpose Vehicle Kijang Innova, Sienta, Avanza, Veloz, Town/Lite Ace dengan total 20.500 unit. Lalu ada sedan, hatchback serta Low Cost Green Car seperti Vios, Yaris dan Agya yang jumlahnya mencapai 15.900 unit.

Mobil Toyota Buatan Indonesia siap di Eksport ke Luar Negeri

Mobil Toyota Buatan Indonesia siap di Eksport ke Luar Negeri

“Optimisme ekspor dari hasil kuartal pertama 2022 ini dibayangi dengan ketidakpastian ekonomi global yang dipengaruhi salah satunya oleh perang antara Rusia dan Ukraina,” ujar Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bob Azam melalui keterangan resmi, dikutip OtoMobile.id Otomotif Jumat 15 April 2022.

Pemerintah Indonesia mencanangkan target ekspor satu juta unit kendaraan bermotor roda empat dalam bentuk completely built up atau CBU, dari Indonesia pada 2025.

  • Share