Waspada! Komponen Mobil Ini Sering Diincar Tikus

  • Share

Oto Mobile – Mobil yang jarang dipakai biasanya akan mengalami kerusakan, terutama pada komponen mesin dan kaki-kaki. Kerusakan komponen mobil tidak hanya disebabkan oleh umur dan jarang dipakai. Seringkali tikus menjadi ancaman bagi pemilik mobil. Ulah tikus kerap menyebabkan beberapa komponen menjadi rusak. Apa saja komponen mobil yang sering diincar tikus?

Tikus tidak hanya dikenal dengan hewan yang membawa sumber penyakit. Hewan pengerat ini juga dikenal merusak barang dan menimbulkan bahaya. Barang yang seringkali diincar oleh tikus adalah komponen mobil. Apabila ada salah satu komponen mobil yang rusak, maka kinerja mobil akan terganggu. Hal ini tentu membahayakan pengemudi saat menggunakan mobil tersebut. Oleh karena itu, apabila menemukan komponen mobil yang bermasalah, segera perbaiki dengan yang baru.

Komponen Kelistrikan pada Mobil

Salah satu komponen mobil yang diincar oleh tikus adalah komponen kelistrikan. Biasanya, tikus menggigit kabel kelistrikan mobil hingga putus. Apabila komponen kelistrikan digigit oleh tikus, maka mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Hal ini dibenarkan oleh Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM.

Baca Juga: Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Berkendara

“Tikus tidak hanya akan menggigit di satu bagian saja. Terkadang tikus menggigit kabel kelistrikan hingga putus. Ini akan menyebabkan mesin tidak dapat dihidupkan,” ujar Didi dilansir dari Kompas.com.

Komponen Plastik pada Mobil

Selain komponen kelistrikan yang diincar oleh tikus, hewan pengerat ini juga biasanya merusak komponen berbahan plastik pada mobil. Tikus akan membuat lubang pada komponen plastik, dan dijadikan pintu masuk ke dalam kabin untuk merusak bahkan beranak. Contoh komponen plastik yang kerap dirusak oleh tikus adalah plastik flap untuk sirkulasi udara luar.

Cara Mencegah Tikus Masuk ke Dalam Mobil

Tikus tidak membedakan mobil tua dan muda. Hewan pengerat ini biasanya tinggal di tempat tertutup yang lembab dan kotor. Agar mobil terhindar dari sasaran tuikus, ada baiknya pemilik mobil mencegah datangnya tikus ke dalam lingkungan mobil berada. Pastikan pemilik mobil menjaga kebersihan garasi atau tempat parkir mobil agar tidak didatangi oleh tikus.

  • Share