Ngeri! Detik-detik Truk Molen Mundur Tak Kuat Nanjak, Awas Nyetir di Belakang Truk!

  • Share
Jakarta

Viral di media sosial video detik-detik truk molen tak kuat menanjak. Truk molen itu sampai mundur hingga menabrak rumah warga.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Dago Giri, Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Selasa (12/4/2022). Bahkan video yang menunjukkan detik-detik truk tersebut mengalami kecelakaan viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 20 detik yang tersebar luas, nampak jelas truk tersebut mundur dengan kecepatan cukup kencang. Terlihat juga sang kernet yang bergelantungan di pintu seperti berusaha melompat. Warga yang merekam insiden itu berteriak histeris.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan kemungkinan truk mlen yang tidak kuat menanjak itu karena memiliki beban berat.

“Perhatikan kemampuan nanjak dari kendaraan, apalagi mobil molen yang dalam kondisi isi akan berbeban berat. Lakukan akselerasi momentum dengan benar supaya tidak gagal nanjak,” kata Sony kepada detikcom, Kamis (14/4/2022).

Menurutnya, pengemudi seharusnya menyiapkan strategi apabila tidak kuat menanjak. Mesin juga harus prima untuk menunjang fungsi rem angin dari kendaraan tersebut.

“Jangan keluar kabin untuk menyelamatkan diri, tapi usahakan memberhentikan kendaraan tersebut,” ucapnya.

Peristiwa ini juga harus menjadi pelajaran buat kendaraan lain di sekitarnya, meski dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa. Menurut Sony, penting untuk kendaraan lain menjauh dari kendaraan besar seperti truk. Sebaiknya jangan betah berada di belakang truk saat tanjakan.

“Untuk kendaraan lain, amati pergerakan truk tersebut dan jaga jarak, apabila ada yang tidak normal segera mengantisipasi, terutama di tanjakan jangan berada dekat di belakangnya dan di turunan sebaliknya. Kalau dilihat kondisi jalan di depannya adalah tanjakan, tunggu di jalan yang paling bawah atau berhenti sebelum di persimpangan untuk antisipasi menghindar,” tegas Sony.

Dikutip detikJabar, Neneng (45) salah seorang yang rumahnya berada di dekat lokasi kejadian mengatakan truk tersebut melintas di Jalan Dago Giri yang konturnya menanjak sekitar pukul 16.30 WIB.

“Awalnya ya truk itu lewat jalan sini, jalannya memang pelan. Setelah agak nanjak truknya berhenti karena mungkin enggak kuat naik,” ujar Neneng.

Truk tersebut berhenti di tengah-tengah tanjakan. Ia melihat truk tersebut akhirnya membuang muatan berupa semen coran untuk mengurangi beban berat yang diangkut agar truk bisa melaju lagi.

“Kayaknya biar enggak terlalu berat, jadi saat berhenti itu isi coran semennya keluar ke jalan, Nah dari situ truknya tiba-tiba mundur lagi enggak bisa ditahan,” tutur Neneng.

Simak Video “Pengemudi Honda Jazz yang Terbakar di Jaksel Ternyata DPO Polisi
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

  • Share