Demi Garap Proyek IKN Nusantara, Mercedes-Benz Mau Rilis Truk Baru – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Pabrikan truk Mercedes-Benz serius menyasar proyek Ibu Kota Negara baru (IKN) Nusantara demi meningkatkan penjualan pada 2022. Mereka sampai berencana merilis truk anyar yang lebih sesuai.

 Head of Product Management and Marketing PT. Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) Faustina mengatakan tahun ini pihaknya mengincar pangsa pasar 10 persen atau lebih di segmen truk 10 ton ke atas.

Pangsa pasar tersebut lebih tinggi dibanding raihan mereka pada 2021 yaitu 9,1 persen, dengan volume 17.993 unit.

truk Mercedes-Benz Axor

Berlakunya standar Euro 4 mulai April 2022 disebut sebagai salah satu senjata Daimler untuk lebih luwes bergerak di pasar. Daimler kini sudah memproduksi serta berjualan Axor Euro 4, tapi seremoni peluncurannya baru dilakukan Juni mendatang.

Daimler juga bersiap melepas tiga truk baru untuk model yang sudah dirakit lokal di pabrik Wanaherang, Bogor tersebut.

“Tiga model Axor itu, yang membuat opsinya akan bertambah dari empat menjadi tujuh, satu adalah tractor head yang lebih ke arah logistik. Satu lagi untuk off-road atau kami bilangnya sektor pertambangan. Kemudian, satu lagi adalah model untuk sektor konstruksi,” papar Faustina menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam Buka Puasa Bersama pada Selasa (12/4/2022) di Jakarta.

Daimler menganggap sektor konstruksi makin potensial dengan adanya proyek pembangunan IKN Nusantara.

Sekadar mengingatkan, Presiden Joko Widodo menargetkan pada 2024 ibu kota Indonesia pindah dari Jakarta ke wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Utara. IKN tersebut direncanakan bernama Nusantara.

Jokowi

“IKN sudah ditandatangani oleh Pak Jokowi (sapaan Joko Widodo-Red). Jadi, kami melihat ada satu kesempatan besar untuk proyek-proyek konstruksinya,” tukas Faustina.

Adapun model Axor baru yang kedua bagi sektor pertambangan nantinya dihadirkan karena bangkitnya bisnis batu bara.

Di samping itu, ucap dia, bisnis-bisnis pertambangan nikel sebagai material baterai kendaraan listrik juga makin menggeliat.

“Harga batu bara itu kemarin sampai bikin kami ‘merem-melek’. Tinggi banget. Permintaan truknya sampai bikin kami keder sendiri. Kami jadi seperti terkesan sombong, awal tahun jualan bilang kami enggak ada barang,” papar Faustina.

Terakhir, truk Axor baru ketiga yang menargetkan sektor logistik nantinya dihadirkan untuk memperluas target konsumen mereka.

“Tractor head ini dua axle. Jadi, kami menyasar pasar yang lebih rendah sedikit dan lebih sensitif terhadap harga. Kami mau coba masuk di sana,” beber Faustina.

“Selama ini, kan, Daimler mulai jualan tractor head di kelas tenaga 280 hp. Saya kasih bocoran, kami akan masuk ke yang lebih rendah sedikit,” tutup dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share