Honda Siapkan Rp900 Triliun untuk Mobil Baru

  • Share

Kamis, 14 April 2022 – 22:00 WIB

OtoMobile.id – Honda berencana untuk meneliti dan mengembangkan kendaraan berbasis listrik atau Electric Vehicle (EV). Dalam rencana besar tersebut, perusahaan asal Jepang menghabiskan dana sebesar US$64 miliar atau Rp919 triliun demi menghadirkan 30 model kendaraan listrik secara global pada tahun 2030.

Dikutip OtoMobile.id Otomotif dari Reeturs, Kamis 14 April 2022, perusahaan nantinya akan memproduksi sekitar 2 juta unit kendaraan listrik per tahun yang dimulai pada tahun 2030. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan pangsa pasar yang tumbuh lebih cepat untuk kendaraan listrik.

Kepala Eksekutif Honda, Toshihiro Mibe mengatakan sejauh ini sumber investasi itu berasal dari sumber daya selama 10 tahun ke depan. Mereka akan menginvestasikan sekitar 8 triliun yen atau setara Rp910 triliun untuk pembiayaan penelitian dan pengembangan terhadap produk barunya.

“Kami juga ingin membangun jalur produksi dari kendaraan listrik khususnya di wilayah Amerika Utara, yang di mana kami juga akan membeli baterai Ultium dari General Motors Co,” ujar Toshihiro.

Logo mobil Honda.

Diketahui, pada pekan lalu perusahaan telah bekerja sama dengan GM untuk mengembangkan serangkaian kendaraan listrik dengan harga lebih rendah dalam platform baru. Hal tersebut untuk memperluas rencana mereka dalam membangun dua tipe SUV listrik, mulai tahun 2024 mendatang.

Sebagian besar dari investasi besar tersebut dialokasikan untuk elektrifikasi dan teknologi perangkat lunak, termasuk sekitar 43 miliar yen atau sekitar Rp4,8 triliun untuk jalur demonstrasi pada produksi baterai padat.

  • Share