Mesin Sudah Euro 4, Mobil Diesel Sebaiknya Pakai Bahan Bakar Jenis Ini

  • Share
Jakarta

Kendaraan diesel di Indonesia kini telah mengadopsi standar aturan Euro 4 sesuai dengan Keputusan Menteri LHK No. S786/MENLHK-PPKL/ SET/PKL.3/5/2020. Kalau sudah begitu, penggunaan bahan bakar pun tidak bisa sembarangan. Agar performa kendaraan optimal, mesin diesel berstandar Euro 4 disarankan menggunakan bahan bakar yang memiliki standar serupa.

Mitsubishi salah satu produsen yang mendorong konsumen untuk menggunakan bahan bakar diesel sesuai standar Euro 4. Hal itu dilakukan agar konsumen bisa merasakan langsung performa dari mesin.

“Panduan di owners manual dan service booklet untuk konsumen Mitsubishi Pajero Sport, Triton, dan L300 telah menyertakan informasi dan sangat merekomendasikan penggunaan bahan bakar berspesifikasi Euro-4 guna mencapai standar emisi Euro-4, yakni bahan bakar diesel untuk Euro-4 berlabel diesel EN590, atau yang memiliki kandungan angka cetane 51 atau lebih tinggi dan kandungan sulfur kurang dari 50 ppm,” tulis Mitsubishi dalam keterangannya.

Senada dengan Mitsubishi, Toyota yang memiliki 6 model mobil diesel di Indonesia pun menyerukan hal serupa. Adanya penyesuaian pada spesifikasi, membuat mesin membutuhkan bahan bakar sesuai standar.

“Pemberian informasi ini dilakukan bertahap dan sejalan dengan ketentuan dalam buku manual termasuk mengenai penggunaan bahan bakar dan dampak yang mungkin terjadi baik dari segi penggunaan, performa maupun emisi, apabila tidak digunakan sesuai anjuran yang disarankan,” ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam keterangannya.

Di Indonesia, bahan bakar diesel berstandar Euro 4 turut disediakan Pertamina lewat jenis Dexlite dan juga Pertamina Dex. Keduanya memiliki Cetane Number (CN) lebih tinggi dari Bio Solar. Untuk Dexlite memiliki CN 51, sementara itu untuk Pertamina Dex memiliki nilai CN 53.

Selain kandungan sulfur juga menentukan kualitas bahan bakar kendaraan diesel. Semakin rendah sulfur, berarti jenis bahan bakar tersebut lebih ramah lingkungan. Begitupun sebaliknya.

Untuk bahan bakar Dexlite mengandung sulfur maksimal 1.200 part per million (ppm). Sementara itu, Pertamina Dex memiliki sulfur maksimal sebesar 300 part per million (ppm). Meski begitu, Pertamina juga mengklaim Dexlite cocok untuk digunakan mobil low SUV serta niaga dengan mesin diesel berteknologi commonrail.

Simak Video “Siap-siap! Harga Toyota Innova dan Fortuner Naik Bulan Depan
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

  • Share