Honda Mau Buat Mobil Listrik Murah Bareng GM, Segini Perkiraan Harganya – Berita Otomotif

  • Share

TOKYO – Demi menghadirkan mobil listrik murah dengan harga setara mobil konvensional di pasar, Honda rela berpartner dengan General Motors (GM).

Pabrikan otomotif asal Jepang dan Amerika Serikat tersebut, seperti dilaporkan Reuters beberapa waktu lalu, bersepakat mengembangkan serentetan model mobil listrik dari platform baru yang mereka bikin bersama.

Mobil-mobil listrik Honda juga akan menggunakan teknologi baterai Ultium milik GM.

“Honda dan GM bakal membentuk sebuah kolaborasi teknologi yang sukses untuk membantu kami mengekspansi penjualan mobil listrik secara dramatis,” kata Chief Executive Officer (CEO) Honda Motor Corporation Toshihiro Mibe.

CEO GM Marry Bara memberikan gambaran harga mobil listrik hasil pengembangan bersama Honda akan berkisar di bawah 30 ribu dollar AS (Rp430,57 juta, 1 dollar AS = Rp14.352,55). Adapun modelnya kelak ialah Chevrolet Equinox EV 2024.

General Motors (GM)

Dengan saling bahu-membahu, Honda-GM meyakini dapat menciptakan mobil listrik murah. Produksi mobil listrik mereka diyakini dapat mencapai jutaan unit pada 2027.

Pada tahun tersebut, mobil listrik murah Honda juga dijadwalkan muncul.

Sebelum itu terealisasi, mobil listrik Honda hasil kolaborasi dengan GM ialah SUV Prologue yang meluncur pada 2024. Ada juga sebuah mobil listrik dari merek premium Acura.

Pada Selasa (12/4/2022), Honda lanjut mengumumkan rencana meluncurkan 30 model mobil listrik sampai 2030 di pasar global. Segmen yang bakal dimasuki mulai dari kendaraan komersial sampai kendaraan penumpang di segmen premium.

Honda sudah menyiapkan investasi yang sangat besar untuk satu dekade.

“Terkait investasi hingga 10 tahun ke depan, kami siap menginvestasikan lebih dari 8 triliun yen (Rp916,94 triliun, 1 yen = Rp114,62) untuk membiayai riset dan pengembangan,” beber Mibe.

Tidak disebutkan apakah ke-30 model itu merupakan mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) atau juga mencakup teknologi kombinasi seperti hybrid dan plug-in hybrid.

Satu yang pasti, berbekal investasi masif dan puluhan model anyar, Honda menargetkan produksi dua juta mobil listrik setahun pada 2030.

Misi tersebut, selain dijalankan dengan merangkul GM, juga melalui kolaborasi bersama CATL di China plus Envision AESC di Jepang.

Honda menargetkan seluruh penjualan mereka pada 2040 dikontribusikan oleh mobil listrik maupun mobil hidrogen. Tidak ada lagi model yang mengandalkan mesin pembakaran internal (internal combustion engine).

Lalu, pada 2050, Honda ingin mencapai netralitas karbon di seluruh lini bisnis. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share