Rekomendasi Mobil Untuk Mudik: Toyota Kijang Super (1986-1996)

  • Share

Sebelumnya kami merekomendasikan Toyota Kijang Innova Reborn, tapi bagi Anda yang dananya terbatas bisa melirik pilihan ini untuk mudik: Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super adalah Kijang generasi ketiga yang punya masa produksi cukup panjang yakni 10 tahun tanpa ganti model. Tepatnya dari tahun 1986 hingga 1996. Bagi Anda yang dananya ngepas dan terlalu berat kalau harus beli Kijang gen Kapsul bahkan Innova ke atas, maka artikel ini pas untuk Anda.

Toyota Kijang Super 1986
Mobil ini juga sering disebut dengan Super Kijang

Yes, dengan dana enggak sampai Rp 40 jutaan (ini juga tergantung kondisi aktual mobil ya), Anda bisa memboyong sebuah Toyota Super Kijang atau yang akrab juga disapa Kijang Full Pressed Body atau Kijang bebas dempul dengan kondisi relatif apik. Harga Toyota Kijang Super tersebut enggak menguras kantung Anda bukan?

Lega & Muat Banyak

Sudah jadi rahasia umum bila Toyota Kijang memiliki kelegaan kabin yang luar biasa. Kami ingat, ketika penulis artikel yang Anda baca ini muda dulu (tepatnya umur tujuh tahun), sebuah Kijang Super mampu dimuati hingga sebelas orang dewasa!

Kursi depan Toyota Kijang Super 1986
Di kabin depan ini muat tiga orang termasuk pengemudi

Anda enggak percaya? Coba tengok foto-foto yang kami sajikan di atas. Pertama di kabin bagian depan bisa diisi tiga orang. Satu pengemudi, dan dua penumpang di depan. Belum lagi kalau geser ke kursi baris kedua kursi tersebut bisa diduduki oleh empat orang dewasa dengan ukuran normal.

Kursi baris kedua Toyota Kijang Super 1986
Jok mobil Kijang Super baris kedua ini bisa berempat lho!

Belum puas? Jok model ‘commando’ di deretan paling belakang bisa dimuati empat orang. Rinciannya dua orang di sisi kanan, dan dua orang pada sisi kiri. Lantas barang bawaan di taruh mana? Dahulu kala banyak aksesoris Kijang Super berupa Roof Rack di atap kendaraan, jadi otomatis barang bawaan diletakkan di sana.

Kursi baris ketiga Toyota Kijang Super 1986
Kursi ini sering disebut jok model commando

Konsep lega dan muat banyak seakan sudah menjadi ciri khas Toyota Kijang, tak terkecuali di Toyota Super Kijang. Maka enggak heran Kijang generasi ini masih menjadi mobil favorit mudik bahkan hingga hari ini.

>>> Toyota Kijang Innova Reborn: Mobil Mudik Paling OK Versi Cintamobil.com

Kehandalan Mesin K Series

Enggak hanya lega dan muat banyak, kebandelan mesin K series yang berada di balik kap mesin Kijang Super juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen.  Di Kijang Super keluaran awal, mesin berkode 5K yang telah digunakan pada keluaran Kijang Doyok tetap dipertahankan.

Mesin berkapasitas 1.486 cc ini telah dilengkapi teknologi Advance Super Response Engine (ASRE) yang berfungsi untuk menyempurnakan sistem pasokan bahan bakar dari karburator. Dengan begitu output mesin pun meningkat dari 61 PS menjadi 63 PS atau sekitar 61,5 Hp di putaran mesin 5.600 rpm.

Mesin 5K Toyota Kijang Super
Mesin seri K ini memang legendaris, semuanya murah termasuk harga aki mobil Kijang Super yang ‘murah’

Memasuki tahun 1995 tepatnya di bulan April, Kijang gen tiga ini mendapat facelift yang lumayan besar. Enggak hanya ubahan kosmetik saja, tapi juga mesinnya baru. Kini di balik kap mesin Kijang tersemat mesin 7K dengan kubikasi 1,781 cc dengan tenaga 80 HP pada kitiran mesin 4.600 rpm

Perawatan kedua mesin ini juga mudah dan murah, mekanik pinggir jalan sekalipun pasti bisa menangani mesin ini. Apalagi baik mesin 5K maupun 7K masih menganut sistem pengabutan bahan bakar Karburator.

Karburator Kijang
Harus mekanik yang pandai untuk bisa setup Karburator yang tepat

Mesti harus diakui, karena masih mengandalkan sistem karburator, sistem ini punya kelemahan yakni sulit disetting secara tepat, dan suka ber-ubah dengan sendirinya apalagi jika berada di dataran tinggi.

Enggak sampai di situ saja, perawatannya kian murah karena kapasitas oli mesin Toyota Kijang Super juga enggak banyak. Hanya 3,4 liter untuk mesin berkode 5K, dan 3,9 liter untuk mesin berkode 7K. Jauh lebih sedikit dari mesin Kijang Innova Reborn Diesel kekinian yang mencapai hampir 7 liter kan?

>>> Apakah Kijang Innova Cocok Sebagai EV Perdana Toyota? Tentu Tidak

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Meminang Sang Super Kijang

Tentu bukan hanya mesin yang wajib menjadi perhatian Anda. Tetapi juga body, saran kami jangan ragu-ragu pilih Kijang yang sudah dicat ulang. Bukan apa-apa, usianya pada tahun 2022 ini sudah menginjak 26 tahun untuk keluaran paling muda yakni lansiran 1996.

Hampir dipastikan keropos dan karat mulai menjangkiti bodi Kijang tersebut. Apalagi kalau Anda memilih Kijang Super lansiran 1986, berarti Kijang yang Anda incar usianya genap 36 tahun.

Emblem Kijang
Banyak yang harus diperhatikan saat hendak meminang Kijang tua ini

Selain kondisi bodi tyang harus jadi perhatian, pilihan trim dan varian juga harus Anda pahami. Selama masa edarnya yag mencapai satu dekade (1986-1996) Kijang punya banyak versi. Khusus lansiran 1986 hingga 1992 Kijang banyak dibuat oleh karoseri.

Perajin karoseri ini juga ‘makmur’ saat era Kijang Super ini. Tercatat karoseri RODA yang melahirkan tipe ROVER dan Jantan, Kencana, hingga Perkasa pernah membuat Kijang versi bodi mereka masing-masing. Sayangnya kualitas buatan karoseri ini tidak sebaik buatan Astra.

>>> Mau beli mobil Toyota Kijang bekas? Lirik di sini banyak pilihannya

Kisaran Harga Toyota Kijang Super

Eksterior Toyota Kijang Super 1986
Harganya mulai dari Rp 20 jutaan hingga tembus di atas Rp 70 juta juga ada

Membahas soal harga adalah poin menarik dalam ulasan kali ini. Anda bisa mendapatkan Super Kijang ini dengan harga mulai Rp 20 jutaan saja. Atau seperti yang kami bilang di paragraf awal, bila dengan dana Rp 40 juta Anda sudah bisa membawa pulang Super Kijang dengan kondisi relatif baik. Gimana, tertarik memiliki Kijang?

  • Share