5 Perbedaan Avanza dan Veloz yang Sudah ‘Cerai’, Jangan Sampai Tertukar!

  • Share
Jakarta

Toyota Veloz bukan lagi masuk dalam keluarga Avanza sejak November 2021. Sekadar informasi, sebelum adanya peluncuran model baru Veloz merupakan varian tertinggi dari Avanza. Desainnya juga tak berbeda hanya ada penambahan ornamen untuk menandakan bahwa Veloz merupakan varian tertinggi.

Tapi itu tidak lagi saat model barunya meluncur 10 November 2021. Dari tampilan eksteriornya pun terlihat jelas Avanza dan Veloz kini berbeda. Toyota juga menyematkan perbedaan lainnya untuk menegaskan bahwa Veloz dan Avanza menyasar konsumen berbeda. Berikut ini 5 perbedaan Toyota Avanza dan Veloz supaya Anda tak tertukar.

1. Segmen

Bermodalkan desain eksterior berbeda, Avanza dan Veloz juga menyasar konsumen di segmen berlainan. Avanza masih ditujukan untuk para pembeli mobil pertama yang menginginkan value for money tinggi. Sedangkan Veloz disiapkan bagi para pembeli yang menginginkan mobil dengan fitur lebih canggih dan mewah. Veloz juga banyak diincar oleh konsumen yang ingin melakukan tukar tambah.

2. Fitur

Perbedaan fitur amat terasa ketika Anda masuk ke kabin Avanza dan Veloz. Kabin Veloz tampak lebih mewah. Veloz juga sudah mengusung fitur Electric Parking Brake with Brakehold. Sementara Avanza masih bertahan dengan tuas rem tangan konvensional.

Veloz juga telah mengusung Wireless Charger di konsol tengah untuk memudahkan pengendara mengisi ulang baterai ponsel. Sedangkan Avanza masih menggunakan USB Port. Kemudian Veloz juga telah mengusung layar Digital TFT berukuran 7 inchi serta terdapat Drive Mode Switch. Di Avanza, MID TFT berukuran 4,2 inchi.

Yang jelas, untuk varian tertinggi keduanya sama-sama sudah dibekali Toyota Safety Sense berisi Pre-Collision and Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Pedal Misoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

3. Pilihan Mesin

Avanza dan Veloz menawarkan pilihan mesin yang berbeda. Avanza masih memiliki mesin tipe 1NR-VE 1.3L dan 2NR-VE 1.5L. Sementara Veloz hanya memiliki mesin tipe 2NR-VE 1.5L.

4. Harga

Harga Avanza dan harga Veloz sudah tentu berbeda. Mengincar konsumen dari kalangan pembeli mobil pertama, harga Toyota Avanza lebih terjangkau ketimbang Veloz. Saat ini Toyota Avanza termurah dibanderol Rp 233,1 juta dan varian termahal Rp 295,8 juta.

Veloz paling murah dijual seharga Rp 286 juta dan varian termahal Q CVT TSS dibanderol Rp 331,1 juta.

5. Pabrik Produksi

Berpisah dengan Avanza, Veloz kini diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Sementara Avanza saat ini masih diproduksi bersama dengan Daihatsu Xenia di pabrik PT Astra Daihatsu Motor.

Simak Video “Toyota Dipesan Lebih dari 3.800 di GIIAS 2021, Model Mana Paling Laris?
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

  • Share