Siap-Siap, Mudik 2022 Bakal Ganjil-Genap Di Jalan Tol

  • Share

Demi kelancaran mudik 2022, Korlantas Polri akan menerapkan kebijakan ganjil-genap dan contraflow di jalan tol, wah Anda yang hendak mudik harus siap-siap nih..

Mudik 2022 diprediksi bakal pecah tahun ini, ya maklum saja sudah 2 tahun dilarang mudik oleh pemerintah. Nah, makanya pemerintah dalam hal ini korlantas Polri hendak menerapkan kebijakan satu arah alias one way dan ganjil genap di tol saat mudik lebaran 2022.

Demi Kelancaran Mudik 2022

“Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan kebijakan one way dan ganjil genap bersamaan,” kata Firman Shantyabudi, selaku Kakorlantas Polri dalam YouTube Ditjen Perhubungan Darat kemarin (13/4).

Dia pun mengatakan kebijakan itu akan diterapkan karena volume kendaraan pemudik saat mudik 2022 diprediksi cukup tinggi. Jika langkah tersebut tidak dilakukan, nantinya kendaraan pemudik berpotensi untuk tidak bergerak.

One Way Mudik di tol Trans Jawa

Demi kelancaran akan ada kebijakan ganjil-genap saat mudik tahun ini

“Alasannya pertama dari hasil perhitungan para ahli di bidang jalan apabila kondisi normal, jalan kapasitas itu harus menerima arus lalu lintas 47% sekitar 200 ribu kendaraan yang akan mudik secara bersamaan itu dikategorikan sebagai kendaraan tidak bergerak,” kata pria berumur 56 tahun ini.

“Apabila Polri tidak mengambil langkah intervensi rekayasa, kendaraan tidak akan bergerak. Oleh karena itu, dibutuhkan manajemen kapasitas jalan yaitu paling sederhana kita akan menambah satu lajur berupa contraflow, juga masih kurang kita akan melakukan one way dari arah Jakarta menuju arah timur,” ujarnya.

>>> Toyota Kijang Innova Reborn: Mobil Mudik Paling OK Versi Cintamobil.com

Dibantu Petugas Di Lapangan

Lebih lanjut, Firman sapaan akrab Firman Shantyabudi pun mengatakan nantinya akan ada petugas di lapangan yang akan memandu penerapan one way di tol. Sehingga masyarakat tidak menunggu terlalu lama untuk masuk tol arah Jakarta.

One Way tol Trans Jawa

Suasana one way di tol saat mudik 3 tahun lalu

“Nanti akan ada petugas yang memandu tidak akan membiarkan anggota masyarakat memasuki tol gate masing-masing, tapi akan diluruskan mengarah melalui jalur arteri untuk menghindari pemborosan bahan bakar, waktu tunggu yang lama,” ucapnya.

Mudik pakai LCGC

Ke arah Jakarta harus simak via social media kapan kebijakan one way diakhiri

“Kami menyarankan mereka yang akan bergerak ke arah Jakarta menyimak kapan one way kami akhiri, sehingga kita harapkan layanan prima jalan dimaksimalkan,” tutupnya.

>>> Mau Mudik? Simak Cara Penggunaan Roof Box & Roof Rack yang Benar

  • Share