Dua Tahun Industri Bus Tiarap, Akhirnya Boleh Mudik Lagi

  • Share
Jakarta

Pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat mudik lagi. Keputusan ini membuat industri angkutan seperti bus kembali bergairah, termasuk soal belanja armada baru.

Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Operating Officer (COO) PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo. Dia mengatakan industri bus sempat tiarap lantaran imbas pelarangan mudik.

“Pasti (positif untuk industri bus), satu dari sudut sektor bus bagus, akan bangkit lagi. Bus itu paling terkena dampaknya (pelarangan mudik), bisa dibilang sudah dua tahun kita nggak mudik, kita tiarap semua. Secara umum (diperbolehkan mudik) ekonomi akan tumbuh,” ujar Santiko di Wisma Indomobil II, Jakarta Timur, Rabu (14/4/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan pembelian armada baru memang belum terlihat. Namun, kebijakan mudik tahun ini bisa menjadi sinyal kebangkitan kembali di tahun mendatang.

“Untuk bus memang belanja barunya belum kelihatan. Saya lihat dengan kondisi pandemi turun, mudik dibuka lagi. Ke depannya ini positif,” ungkap dia.

Bisa dibilang Hino punya line up yang cukup banyak soal sasis bus. Mulai dari medium, big bus bermesin depan ataupun belakang. Memang penjualan dua tahun belakangan anjlok dari angka normal.

Data penjualan Gaikindo, kelas bus besar mesin belakang GVW 10 – 24 ton, Hino R260 misalnya menjadi market leader dengan total wholesales 181 unit sepanjang Januari – Desember 2021, angkanya turun jika dibandingkan tahun sebelumnya 2020, bisa terdistribusi sebanyak 338 unit, atau 2019 bisa terkirim banyak lagi, yakni 1.066 unit.

Maka dari itu, dia percaya diri tahun 2022 akan menjadi momentum bagi kendaraan komersial. HMSI menargetkan penjualan akan kembali ke angka normal.

“So far total target kita (penjualan total Hino truk dan bus) balik lagi ke tahun 2019, balik lagi ke angka 30.000 unit, kembali ke normal,” ungkapnya.

Hino perkenalkan aplikasi mobile MyHino dan program aftersales mudik

Jelang momen mudik lebaran, HMSI meluncurkan aplikasi My Hino. Platform ini bisa digunakan masyarakat pada Mei 2022 nanti.

My Hino berisikan informasi seputar kendaraan Hino, mulai dari layanan service termasuk booking service untuk perawatan kendaraan. Selain itu ada informasi lineup produk – produk Hino, info suku cadang serta lokasi dealer terdekat dari lokasi saat itu.

My HinoAplikasi My Hino Foto: Hino Motor Sales Indonesia

Aplikasi ini juga memiliki fitur e learning video yang berisikan video untuk pembelajaran dan terkoneksi dengan Hino Training Centre. Selain itu di MyHino customer dapat juga menghitung simulasi kredit secara mandiri dengan memasukan estimasi nominal yang harus dibayarkan berdasarkan tenor dan harga yang dimasukan.

Program Mudik 2022

Hino menghadirkan layanan darurat di akhir pekan & hari raya, yaitu layanan untuk mendukung armada bisnis Hino jika mendadak mengalami masalah, ketika beroperasi di hari Sabtu atau Minggu dan libur hari raya.

Program ini didukung oleh 13 jaringan Hino yang tersebar di jalur utama Pulau Jawa dan Pulau Sumatra mulai dari Surabaya, Kediri, Solo, Kendal, Tegal, Cirebon, Cikampek, Jakarta, Tangerang, Cilegon, Bandar Lampung, Ilir Barat Palembang, hingga Medan.

“Layanan darurat di akhir pekan & hari raya adalah layanan yang diberikan dealer Hino kepada pelanggan yang mengalami masalah di perjalanan ataupun yang membutuhkan perbaikkan di waktu sabtu & minggu dan libur hari raya. Sehingga operasional bisnis tetap dapat berjalan dan untung tetap ditangan,” ungkap Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

Selain program layanan darurat di akhir pekan, Hino turut memberikan penawaran menarik bagi para pengusaha otobus (PO). Mulai dari diskon hingga 50 persen untuk 109 suku cadang Hino, ganti oli gratis filter, hingga paket servis diskon jasa 50 persen perbaikan kopling.

Simak Video “Hino-Tentrem Lahirkan Bus dengan Body Aluminium Mejeng di GIIAS 2021
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

  • Share