Honda Siapkan 30 Mobil Listrik Hingga Tahun 2030

  • Share

Honda Motor Company Limited mengumumkan strategi bisnisnya untuk meluncurkan mobil berbasis listrik sebanyak 30 model secara global hingga tahun 2030 mendatang.

Berdasarkan situs resmi Honda, perusahaan dengan logo huruf H ini berencana untuk merealisasikan strategi bisnis baru ini, dengan mengucurkan dana sebesar 8 triliun yen untuk biaya penelitian dan pengembangan.

Selain itu, Honda juga akan menyuntikan dana investasi di bidang elektrifikasi dan software mencapai 5 triliun yen.

Sementara itu, untuk persiapan pertumbuhan baru, termasuk bidang teknologi dan sirkulasi sumber daya baru investasi yang ditetapkan dalam 10 tahun ke depan sekitar 1 triliun yen.

Dalam pernyataan resminya, Honda berusaha untuk menjadi perusahaan yang berfungsi sebagai sumber kekuatan yang mendukung mobilitas masyarakat di seluruh dunia yang mencoba melakukan sesuatu berdasarkan inisiatif mereka sendiri dan membantu untuk mengembangkan potensi mereka sendiri. 

Untuk itu, Honda akan berusaha untuk mewujudkan kegembiraan serta kebebasan mobilitas tanpa membawa dampak negatif bagi lingkungan.

Honda akan Kerja sama

Honda Resmi Jual Mobil Listrik
Honda sudah memiliki mobil listrik yang resmi dijual. (Honda)

Demi mencapai strategi baru ini, Honda tak menampik akan ada tantangan, salah satunya soal baterai. Maka dari itu, Honda akan melakukan dua pendekatan untuk pengadaan baterai.

Untuk pasar di kawasan Amerika Utara mobil listrik Honda akan menggunakan baterai lithium ion dengan membeli baterai ulitium dari GM.

Selain itu, Honda juga akan membentuk perusahaan patungan untuk memproduksi baterai listrik.

Sedangkan untuk pasar di China, dimana mobil listrik sudah banyak dijual, Honda akan memperkuat kerjasama dengan perusahaan baterai Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL).

Di Jepang sendiri, Honda akan membeli baterai untuk digunakan pada mobil mini-EV dari Envision AESC.

Namun di luar kerjasama tersebut, Honda akan lebih mempercepat penelitian dan pengembangan baterai generasi terbaru tentunya secara mandiri.

Maka dari itu, Honda akan menginvestasikan sekitar 43 miliar yen, agar strategi pembuatan baterai ini sudah beroperasi musim semi 2024 mendatang.

Jenis mobil listrik

Untuk sementara, produk mobil listrik Honda akan disesuaikan dengan karakteristik pasar dan dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu:

● Amerika Utara:

Pada tahun 2024, Honda akan memperkenalkan dua model EV berukuran sedang hingga besar yang saat ini sedang dikembangkan bersama dengan GM. 

(Merek Honda: SUV Prolog Baru, merek Acura: model SUV EV.)

● Cina:

Honda akan memperkenalkan total 10 model EV baru pada tahun 2027.

● Jepang:

Pada awal 2024, Honda pertama kali akan memperkenalkan model Mini EV yang merupakan mobil komersial dengan kisaran harga 1 juta yen. 

Tak lupa untuk menghadapi tantangan menuju netralitas karbon dan elektrifikasi, Honda akan memperkenalkan dua model sport.

Cara ini dilakukan untuk mewujudkan pola pikir sport universal dan karakteristik khas Honda.

Karena Honda dan GM sudah melakukan aliansi, maka pada tahun 2027 rencananya akan ada mobil listrik dengan harga terjangkau yang harganya sangat kompetitif seperti mobil bensin.

Dengan 30 model mobil listrik secara global hingga tahun 2030, setidaknya volume produksi bisa tembus lebih dari 2 juta unit pertahun. 

Mau cari mobil Honda bekas berkualitas, cek di OLX Autos.

  • Share