Honda Tegaskan Tidak ‘Suntik Mati’ Mobilio, Tapi Perlahan …

  • Share

Saat rival-rival dan saudaranya sudah mengalami facelift, Honda Mobilio masih setia dengan tampilan lamanya. Sebenarnya, bagaimana nasib Mobilio saat ini?

Peluncuran Xpander, Xenia, dan Avanza terbaru kembali memanaskan persaingan Low MPV. Sayangnya, PT Honda Prospect Motor (HPM) justru terkesan mengacuhkan segmen potensial tersebut. Terbukti, sejak diluncurkan delapan tahun lalu, Honda Mobilio masih begitu-begitu saja.

Kami pun bertanya-tanya, apa mungkin HPM memang sudah merelakan Mobilio dan memilih untuk berfokus pada Honda BR-V? Seperti yang ditulis di media-media lainnya, nah berikut kabi beberkan faktanya.

Mobilio Masih Dijual Lho

Dalam acara Bincang Santai & Update Penjualan Honda Selama Ajang IIMS Hybrid 2022 Kamis (7/4) lalu, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM menyebut bahwa mereka tidak berniat untuk ‘menyuntik mati’ Mobilio. Yes, mobil ini masih dijual hingga saat ini.

>>> Review All New Honda HR-V 2022: SUV Honda Jadi Lebih Stylish dan Megah

Gambar Honda Mobilio

HPM memastikan bahwa Mobilio tidak akan ‘disuntik mati’

>>> Mobil SUV Rakitan Indonesia Ini Diekspor Ke 30 Negara

Terbukti, Honda Mobilio masih tercatat dalam data penjualan meski jumlahnya sangat sedikit. Dalam laporan data penjualan Honda, pabrikan mobil asal Jepang itu mencatat penjualan mobil sebanyak 9.554 unit pada Maret 2022.

Honda Brio meraih penjualan tertinggi dengan total 5.106 unit, yang terdiri dari Honda Brio Satya sebesar 3.522 unit dan Honda Brio RS sebesar 1.584 unit. Sementara Honda BR-V berkontribusi sebesar 19% dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 1.780 unit di bulan Maret.

Gambar Chip Semikonduktor

Kelangkaan chip semikonduktor menjadi faktor utama gangguan produksi mobil-mobil Honda

Sementara itu, Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 10 unit. Yusak Billy menyebut bahwa minimnya penjualan Mobilio terdampak oleh krisis chip semikonduktor yang melanda seluruh dunia.

“Mobilio dengan Brio itu komponennya almost the same (hampir sama), apalagi yang bermasalah itu sama, yang terkena (krisis) chip semikonduktor. Jadi kami fokus ke Brio dulu yang permintaannya masih tinggi, 3-4 bulan indennya. Jadi itu kami fokuskan dulu sembari kita lihat demand-nya Mobilio,” terang Billy.

Saat ini Hanya Tersedia Dalam 1 Tipe

Yusak Billy mengungkapkan bahwa saat ini pihak HPM hanya menjual satu tipe Honda Mobilio, yaitu S M/T. Tipe ini tetap diproduksi secara konsisten karena permintaannya masih cukup tinggi, khususnya untuk segmen fleet atau armada.

“Mobilio di website kami sekarang masih S manual ya, karena (varian) itu yang masih diinginkan konsumen, dan 87% itu fleet, korporasi (pasarnya). Ini yang diminta, S manual, yang termurah,” ujar Billy.

Jujur saja, kami berharap bahwa HPM akan tetap mempertahankan Honda Mobilio. Sekarang MPV ini terkesan dibiarkan punah perlahan-lahan, padahal Mobilio terbaru dengan platform All New BR-V dengan segala fitur canggih dan keasyikan berkendara khas Honda kami rasa masih tetap potensial.

>>> Klik di Sini untuk Menemukan Pilihan Mobil Bekas yang Menarik

  • Share