Hyundai Ioniq 5 Diklaim Sudah Dipesan Lebih dari 800 Unit

  • Share

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku agen pemegang merek Hyundai di Tanah Air mengklaim bahwa mobil listrik murni Hyundai Ioniq 5 sudah dipesan lebih dari 800 unit konsumen.

Ya, pemesanan ini terjadi tepat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, yang berlangsung selama 31 Maret-10 April 2022.

Jika melihat data yang diberikan Hyundai, tentu saja jumlah ini sangat tinggi, mengingat saat diperkenalkan IIMS Hybrid 2022, mobil listrik tersebut belum dirilis harga resminya.

Menurut SungJong Ha, President Director PT HMID, dirinya sangat mengapresiasi antusiasme pengunjung IIMS 2022 terhadap partisipasi Hyundai di salah satu event otomotif terbesar di Indonesia.

“Saya sangat berterima kasih kepada para pelanggan di Indonesia yang memiliki minat tinggi dan menaruh kepercayaannya terhadap Hyundai,” ungkap SungJong Ha dalam keterangannya.

Hyundai Ioniq 5. (Herdi Muhardi)

Masih menurut data Hyundai, selama 11 hari event otomotif tersebut, total permintaan produk Hyundai dengan total lebih dari 1.500 pemesanan.

Ya, 51 persen diantaranya didominasi Hyundai Ioniq 5, kemudian Hyundai Creta, hampir 600 pemesanan atau 36 persen.

Selain kedua produk tersebut, pemesanan juga banyak dilakukan untuk mobil Hyundai lainnya, seperti Palisade, Santa Fe, dan Staria.

Bahkan selama di IIMS Hybrid, setidaknya dari hampir 5.000 unit permintaan untuk melakukan test drive mobil Hyundai, 3,000 diantaranya ternyata ingin menjajal Ioniq 5.

Tentang Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5 diperkenalkan di ajang IIMS Hybrid 2022. (Herdi Muhardi)

Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil  listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Meski belum diumumkan harganya, mobil ini diklaim menawarkan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

E-GMP sendiri merupakan sebuah platform yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

Dengan menggunakan teknologi E-GMP, maka mobil ini dapat mengurangi kompleksitas yang ada melalui modularisasi dan standarisasi.

Selain itu, dengan E-GMP memungkinkan pengembangan produk jadi cepat dan fleksibel, sehingga dapat digunakan untuk sedan, SUV, dan lainnya.

Bagian kap depan Hyundai Ioniq 5 bukan sekadar untuk mesin melainkan bisa menyimpan barang. (Herdi Muhardi)

Hyundai Ioniq 5 ini ada beberapa jenis mesin, yaitu Standar Range dan Longe Range.

Untuk Standar Range dilengkapi baterai Liquid cooled Lithium Ion 58 kW yang mampu menghasilkan daya maksimum 170 Ps dan torsi 350 Nm.

Sementara untuk Longe Range dijejali baterai Liquid cooled Lithium Ion 72,6 kW, sehingga dapat memuntahkan daya sampai 217 Ps dan torsi 350 Nm

Di atas kertas, Hyundai Ioniq  5 dapat berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 8,5 detik(Standar Range) dan 7,4 detik (Long Range).

Adapun sekali pengecasan hingga baterai terisi penuh, maka mobil  dapat dikendarai sejauh 384 km (Standar Range) hingga 451 km (Long Range).

Mau cari mobil Hyundai bekas berkualitas, cek di OLX Autos.

  • Share