Pilihan Mobil untuk Pemula, Mulai dari Rocky hingga Brio – Panduan Pembeli

  • Share

Memilih mobil pertama yang tepat itu memang sulit, apalagi Anda masih pemula dan baru pertama kali memutuskan membeli mobil. 

Mobil pertama tidak hanya menjadi alat transportasi untuk menemani aktivitas harian. Lebih dari itu, mobil pertama akan jadi pendamping tepercaya yang akan membantu Anda berkendara sepanjang hidup. 

Saat ini ada ratusan model mobil dari berbagai merek yang dipasarkan di Indonesia. Banyaknya pilihan model mobil tentu menambah bingung memilih mobil yang tepat untuk Anda.

Mengendarai Mobil (Foto: Wuling)

Sebelum jauh membahas mengenai mobil pertama yang cocok untuk pemula, tidak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu tips cara memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagaimana dirangkum Mobil123.com dari berbagai sumber. 

Sesuaikan dengan Anggaran

Pertama-tama Anda harus menentukan anggaran yang tersedia. Hitung lagi untuk mengetahui, berapa banyak uang yang dapat dikeluarkan untuk membayar uang muka? Berapa uang yang tersedia untuk bayar cicilan setiap bulannya? Dan berapa lama Anda mampu untuk membayar cicilan mobil?

Membuat rincian kondisi keuangan Anda juga sangat penting. Jangan sampai terkendala di tengah jalan.

Fitur

Selanjutnya memilih fitur yang dibutuhkan. Setiap pengemudi memiliki kebutuhan yang berbeda, dan mobil baru Anda harus memenuhi kebutuhan tersebut.

Perhatikan juga seberapa irit bahan bakar mobil tersebut.

Apakah mobil itu berpenggerak dua roda (2WD), berpenggerak empat roda (4WD), atau berpenggerak semua roda (AWD) dan punya fitur keamanan serta keselamatan.

Nah, setelah semuanya sudah dipersiapkan matang, berikut pilihan mobil pertama yang mungkin cocok untuk pemula.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize dapat dipilih lantaran keduanya merupakan model baru dengan desain yang futuristik.

Rocky dibanderol mulai dari Rp204,2 juta, sedangkan Raize Rp249.2 juta on the road (OTR) Jakarta. Keduanya tersedia dalam dua pilihan mesin, 1.0L turbo dan 1.2L.

Menariknya, varian tertinggi dari kedua mobil kembar tersebut juga sudah dibekali dengan fitur keselamatan canggih yang dapat mencegah atau mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Semetara untuk sistem hiburan di kabin terdapat head unit layar sentuh yang terintegrasi dengan speaker berkualitas. 

Nissan Magnite

Dibanderol mulai Rp250,65 juta, Nissan Magnite menggendong mesin 1.0 liter turbo bertenaga 98 hp dan torsi 160 Nm.

Mobil yang dibawa utuh (CBU) dari India ini punya tampilan luar dan dalam yang berkelas.

Urusan fitur keselamatan tak perlu diragukan lagi, Magnite punya Dual SRS Airbag, ABS+EBD+BA, Vehicle Dynamic Control, hingga Hill Start Assist.

Kia Sonet

Pilihan mobil untuk pemula berikutnya ada Kia Sonet. Selain punya tampang yang kekinian, interiornya begitu mewah berkat penyematan wireless charger, sunroof, head unit 8 inci, hingga speaker premium dari Bose.

Kia Sonet dipasarkan dalam dua versi, 5 seater dan 7 seater. Harga OTR Jakartanya mulai dari Rp220,6 juta. 

Sumber tenaga Sonet berasal dari mesin 1.497 cc yang mampu menyemburkan daya 113,4 hp pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm.

Hyundai Creta

Selanjutnya ada mobil buatan pabrikan asal Korea Selatan yaitu Hyundai Creta. 

Mobil yang meluncur jelang tutup 2021 itu sudah diproduksi secara lokal di pabrik baru Hyundai yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. 

Dibanderol mulai Rp281,5 juta OTR Jakarta, jagoan baru Hyundai ini telah dibekali dengan fitur terkini.

Menariknya disematkan pula teknologi konektivitas Hyundai Bluelink, yang memudahkan pemilik untuk mengetahui banyak ragam informasi penting tentang mobilnya.

Creta dibekali mesin Smartstream 1.5L dengan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT) yang sanggup menghasilkan performa tangguh, responsif, serta efisien. 

Honda Brio

Terakhir ada Honda Brio, meskipun memiliki bentuk yang kecil dan hanya muat untuk lima orang penumpang, tapi fitur yang ditawarkannya sangat cocok sebagai pilihan mobil pertama untuk pemula. 

Honda Brio punya dua pilihan tipe yaitu Brio Satya dan Brio RS dengan harga termurah Rp168,2 juta. 

Semua tipe Honda Brio dilengkapi mesin 1.2L SOHC i-VTEC bertenaga 88 hp. [Tih/]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share