Sejak ‘Cerai’ dengan Veloz, Avanza Tak Pernah Jadi Mobil Terlaris Lagi di Indonesia

  • Share
Jakarta

Toyota Avanza masih belum juga menembus posisi pertama mobil terlaris di Indonesia sejak memiliki wajah baru. Padahal sebelum-sebelumnya, Avanza seolah sulit digeser dari takhtanya sebagai mobil paling laku.

Pada Desember 2021 misalnya, Toyota Avanza hanya menempati posisi ke-5 mobil yang paling banyak diburu. Berlanjut pada periode Januari 2022, dalam catatan detikOto Toyota Avanza justru terlempar dari 10 besar mobil terlaris. Avanza kala itu menghuni posisi ke-12. Sedangkan Veloz justru lebih unggul dengan menduduki tempat ke-4.

All New Toyota VelozVeloz kini bukan lagi bagian dari Avanza. Foto: Istimewa

Pada Februari 2022, posisi Avanza lebih baik dari Veloz. Hal itu juga diamini oleh PT Toyota Astra Motor. Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya masih terus memonitor kestabilan dari Avanza dan Veloz.

Maret, Avanza terus memperbaiki posisinya. Toyota Avanza pada Maret 2022 menduduki posisi ke-2 daftar mobil terlaris di Indonesia tepat di bawah Kijang Innova. Distribusi wholesales Avanza pada Maret 2022 mencapai 5.979 unit.

Posisinya kini berbalik dengan Veloz. Veloz malah bertengger di tempat ke-11 dengan 3.224 unit. Melihat angka penjualan tersebut, tampaknya Avanza berwajah baru mungkin butuh penyesuaian sebelum akhirnya kembali merebut takhta mobil paling laris.

Sekadar mengingatkan, Toyota Avanza dan Veloz kini sudah tidak lagi menjadi satu bagian. Jika Veloz pada awal kemunculannya hadir sebagai varian teratas dari Avanza, kini Veloz menjadi brand tersendiri di kelas low MPV yang sedikit lebih mewah.

Toyota kini membuat Avanza dan Veloz beda total dan menyasar segmen yang juga berbeda. Anton juga pernah mengatakan Avanza ditujukan untuk para pembeli mobil pertama yang menginginkan value for money yang tinggi atau harga yang dibayar sepadan dengan barang yang didapat.

Sedangkan untuk All New Veloz, ternyata disiapkan untuk para calon pembeli yang menginginkan mobil dengan fitur yang lebih canggih dan juga gaya yang lebih mewah. Tak heran, menurut Toyota All New Veloz lebih banyak dibeli oleh orang yang ingin tukar-tambah mobilnya atau bahkan mobil tambahan.

Simak Video “Tampilan All New Veloz Jadi Garang, Toyota Rush Bakal Ditinggalkan?
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

  • Share