Tips Irit BBM saat Mudik Naik Mobil

  • Share

Rabu, 13 April 2022 – 18:55 WIB

Oto Mobile – Menjelang mudik lebaran tahun ini, banyak warga tengah melakukan persiapan, mulai dari barang yang dibawa, transportasi hingga uang. Jika pemudik menggunakan kendaraan pribadi, ada cara yang bisa dilakukan untuk lebih hemat dalam pengeluaran.

Sebagai pengendara yang cerdas, pasti ingin pemakaian bahan bakar kendaraannya lebih irit bahan bakar ketika melakukan perjalanan jauh. Apalagi, saat ini harga bensin semakin mahal di Indonesia.

Dikutip Oto Mobile Otomotif dari GoodYear, Rabu 13 April 2022,  cara paling efektif untuk menghemat bahan bakar yakni servis kendaraan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

Melakukan servis pada kendaraan secara rutin bisa menghemat penggunaan bahan bakar, lantaran saluran dan komponen akan diperiksa lebih detail oleh teknisi. Hal tersebut menjadikan mobil tetap terjaga dan kondisi prima yang membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Ilustrasi mudik dengan menggunakan mobil.

Ilustrasi mudik dengan menggunakan mobil.

Photo :

  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Selain memeriksa komponen, jangan lupa untuk periksa tekanan angin pada ban mobil. Hal itu dikarenakan setiap kali roda berputar, maka permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan. Diketahui, tekanan angin pada ban yang kurang akan membuat tahanan gulir membesar dan mengakibatkan pemborosan bahan bakar.

Cara selanjutnya yaitu dengan bijak menggunakan AC selama perjalanan mudik. Perlu diketahui, saat AC dinyalakan, maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem yang mengakibatkan boros bahan bakar. Agar lebih efektif, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar, ditambah saat melewati jalan menanjak manfaatkan mode irit agar beban dari kompresor berkurang.

  • Share