Mengenal Fungsi Cairan Adblue pada Truk

  • Share

Rabu, 13 April 2022 – 18:22 WIB

OtoMobile.id – Regulasi standar emisi Euro 4 untuk kendaraan baru bermesin diesel yang mulai diterapkan bulan ini di Indonesia, membuat produsen otomotif putar otak agar mesin produk mereka semakin ramah lingkungan.

Saat ini kebanyakan mesin diesel modern pada truk menggunakan tekonologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Diketahui, teknologi terbaru itu butuh cairan bernama Adblue, yang mengandung urea.

Teknologi SCR yang menggunakan cairan tersebut diklaim mengurangi kandungan pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga sesuai standar Euro 4 dan 5. Hal tersebut digunakan pada truk-truk baru di Indonesia, salah satunya UD Trucks Quester Euro 5.

Chief Executive Astra UD Trucks, Winarto Martono mengatakan apabila menggunakan cairan tersebut memberi keuntungan buat para pengusaha, di mana konsumen bahan bakan akan lebih efisien.

Peluncuran UD Trucks Quester Euro 5

Peluncuran UD Trucks Quester Euro 5

“Saat ini Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga independen penguji dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan di bawah ambang batas Euro 5, sehingga produk kami memenuhi standar meski menggunakan bahan bakar biosolar agau B30,” ujarnya di Jakarta Selatan, dikutip OtoMobile.id Otomotif Rabu 13 April 2022.

Lebih lanjut, Winarto memberitahu bahwa ada keuntungan lainnya jika truk menggunakan cairan Adblue mulai dari mewujudkan teknologi yang ramah lingkungan, menekan tingkat kadar polusi udara, hingga perawatan mesin lebih efisien.

  • Share