Supaya Tetap Aman, Ini Tips Berkendara saat Bulan Puasa

  • Share

Oto Mobile – Sebagian besar masyarakat tetap melakukan aktivitasnya saat bulan puasa. Bahkan, aktivitas masyarakat saat memasuki bulan Ramadhan cenderung lebih padat. Tingkat kemacetan saat bulan puasa tergolong lebih tinggi. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berkendara saat bulan puasa.

Persiapan Sebelum Perjalanan

Agar berkendara lebih aman dan nyaman, pengemudi disarankan melakukan persiapan sebelum memulai perjalanan. Persiapan perjalanan dimulai saat sahur. Konsumsi makanan yang bergizi, serta perbanyak minum air putih saat sahur agar tidak dehidrasi. Selain itu pengemudi juga perlu membawa perlengkapan saat hendak berkendara. Perlengkapan tersebut misalnya seperti surat berkendara, masker, dan hand sanitizer. Tetaplah menjaga protokol kesehatan selama berkendara.

Istirahat yang Cukup Sebelum Berkendara

Saat bulan puasa, sebagian orang memiliki waktu tidur yang kurang. Waktu tidur yang kurang tentu membuat sebagian orang tidak fokus saat berkendara dan terlelap sejenak tanpa disadari. Hal ini tentunya berpotensi terjadinya kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu pengemudi disarankan untuk beristirahat cukup sebelum berkendara. Ketika pegemudi mengantuk saat perjalanan jauh, sempatkan waktu 10 menit untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Empat Tips Berkendara Bersama Anak agar Tidak Rewel Selama dalam Perjalanan

Pahami Rute Perjalanan

Aktivitas masyarakat yang padat saat bulan Ramadhan tentu membuat keramaian pada jalan di sejumlah wilayah. Agar perjalanan lebih efisien, pengemudi disarankan untuk menggunakan aplikasi penunjuk jalan. Pengemudi dapat melihat situasi jalan yang akan ditempuh dan memilih jalan alternatif apabila terjadi kemacetan. Aktifkan fitur panduan suara agar pengemudi tidak perlu fokus melihat jalur di aplikasi yang dapat menggangu konsentrasi berkendara.

Mengatur Emosi saat Berkendara di Bulan Puasa

Waktu buka puasa merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi setiap orang di bulan Ramadhan. Sebagian besar orang memilih untuk keluar sebelum waktu buka puasa. Terkadang hal ini membuat kondisi lalu lintas menjadi lebih padat. Kondisi ini dapat memicu emosi saat berkendara. Untuk itu, pengemudi disarankan untuk mengontrol emosi saat berkendara di bulan puasa. Pengemudi perlu berpikir positif, sabar, dan memiliki rasa toleransi kepada sesama pengguna jalan.

Menjaga Kondisi Mobil Tetap Prima

Salah satu tips paling penting sebelum berkendara di bulan puasa adalah memperhatikan kondisi mobil. Untuk mengantisipasi masalah kerusakan pada saat berkendara di bulan Ramadhan, pengendara disarankan untuk melakukan pengecekan berkala. Lakukan pengecekan di bengkel resmi terdekat. Hal ini dilakukan untuk menghindari masalah yang dapat mengganggu perjalanan.

  • Share