Rekomendasi Mobil Hyundai Bekas Terbaik, Harga Mulai dari Rp 60 Jutaan

  • Share

Dengan kehadiran gudang spare part mobil Hyundai bekas di Indonesia, edisi lawas mobil asal Korea Selatan ini menjadi lebih memikat dibandingkan sebelumnya.

Salah satu kekurangan mobil Hyundai bekas yaitu ketersediaan spare part yang sudah ditemukan. Tapi beberapa waktu lalu, PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) mengumumkan bahwa mereka sudah membangun sebuah gudang spare part di area Deltamas, Cikarang untuk model baru maupun lama.

Ini tentu saja membuat mobil Hyundai keluaran lama menjadi alternatif yang patut diperhitungkan. Apalagi harga Hyundai bekas terbilang terjangkau jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Berikut rekomendasi mobil bekas Hyundai dari Cintamobil.com yang bisa dipertimbangkan.

1. Hyundai Avega

Ada dua model yang terkenal di Indonesia, Hyundai Avega dan Hyundai Grand Avega. Keduanya adalah satu model, tapi yang membedakannya yaitu Avega merupakan generasi kedua, sedangkan Grand Avega adalah model generasi keempat.

mobil Hyundai Avega bekas di Indonesia
Hyundai Avega 2012 dibanderol kurang dari Rp 100 jutaan

Hatchback menengah ini merupakan penantang Honda Jazz dan Toyota Yaris. Mobil ini bisa didapatkan dengan harga kurang dari Rp 100 jutaan untuk model keluaran tahun 2012 atau 2013. Kelebihannya terletak pada suspensi yang empuk dan peredaman yang bagus. Belum lagi dengan ruang kabin dan penyimpanan yang cukup lega untuk sekelas mobil hatchback.

Di sisi lain, konsumsi BBM Avega tak bisa dianggap efisien. Terlebih untuk mobil bermesin 1.4 liter. Handling juga bukan menjadi kekuatan utamanya. Selain itu, Avega membutuhkan bahan bakar dengan RON 90, sehingga jika diberi bahan bakar dengan RON lebih rendah, bisa menyebabkan knocking pada mesin.

>>> Review Hyundai Grand Avega 2011: Mobil Harga Rp. 100 Jutaan Dengan Fitur Lengkap

2. Hyundai H-1

Digadang-gadang sebagai penantang Toyota Alphard sebagai MPV premium di Tanah Air, sayang mobil ini sudah digantikan dengan Hyundai Staria yang lebih futuristik. Tapi harga Hyundai H-1 bekas yang saat ini lebih terjangkau bisa menjadi alternatif pilihan MPV bergaya mewah.

Hyundai H-1 bekas yang dijual di Indonesia
H-1 siap jadi angkutan premium dengan harga menawan

Ruang kabin yang luas dan tak kalah nyaman dibandingkan pesaingnya merupakan salah satu keunggulan mobil ini. Apalagi H-1 memiliki dua pilihan mesin yang bertenaga, walaupun di satu sisi tak bisa dibilang hemat. Saran kami, Anda bisa memilih H-1 bermesin diesel dibandingkan mesin bensin.

Satu lagi masalah mobil ini yaitu spare part, yang sudah dipermudah ketersediaannya oleh pihak HMID. Dengan kabin yang kedap untuk kenyamanan berkendara, mobil keluaran tahun 2011-2012 ini bisa didapatkan dengan harga Rp 150 juta hingga Rp 200 jutaan saja.

3. Hyundai i20

Hyundai i20 dipersiapkan untuk menjadi andalan Hyundai di segmen city car atau hatchback melawan dominasi Honda Brio maupun Toyota Agya. Meski mobil ini disukai di luar negeri, tapi penjualannya tak begitu memuaskan di Indonesia. Harga untuk model keluaran tahun 2010 berada di bawah Rp 100 jutaan.

Hyundai i20 bekas di Indonesia
City car Hyundai ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau

Padahal i20 memiliki mesin bertenaga, baik untuk sekelas mobil perkotaan maupun ketika harus dibawa ke luar kota. Dimensinya kompak, membuatnya mampu nyelip dan berkendara di jalanan yang dinamis. Untuk bagian dalam tak kalah nyaman dengan berbagai fitur canggih, bahkan i20 sudah mendapatkan fitur GPS.

Yang perlu diperhatikan yaitu mesin diesel i20 hanya menawarkan transmisi manual. Beberapa keluhan mengenai mobil ini termasuk pedal yang keras, rem cepat kering, serta pada sebagian pengguna kemudi berbunyi dikarenakan butuh kalibrasi berkala.

>>> Review Hyundai i20 GL AT 2016: Tampil Sporty dengan Berbagai Fitur Keamanan

4. Hyundai Santa Fe

Di pertengahan 2000-an, Hyundai populer dengan Santa Fe, SUV berbadan bongsor dan tangguh untuk dibawa ke berbagai medan. Hyundai Santa Fe memang masih dipasarkan di Indonesia, tapi mesinnya yang bandel membuat mobil bekasnya masih menarik untuk dimiliki.

Hyundai Santa Fe bekas yang dijual di Indonesia
Santa Fe bekas yang menghadirkan kesan maskulin

Di bagian dalam, bodinya yang besar sayangnya tak dibarengi dengan ruang kabin yang lapang. Bagi penumpang di bangku belakang tak cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Termasuk ruang bagasi yang cukup pas-pasan untuk menampung barang bawaan berukuran sedang.

Ada dua pilihan mesin yang tersedia, yaitu bermesin bensin dan diesel. Dimana Santa Fe bekas bermesin diesel masih banyak diburu oleh penggemar mobil bertenaga untuk dibawa ke jalanan medan kasar di area perkebunan hingga pertambangan. Untuk harga, Santa Fe keluaran tahun 2012-2013 dibanderol mulai dari Rp 230 jutaan.

>>> Hyundai SANTA FE Bensin Jadi Alternatif di Tengah Naiknya Harga Solar

5. Hyundai Tucson

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 hingga 2010, generasi pertama Hyundai Tucson mampu menjadi lawan sebanding dari Nissan X-Trail. Modelnya kokoh dan bertenaga, begitu pula dengan mesinnya yang bandel. Bahkan model generasi pertama bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 60 jutaan saja.

mobil bekas Hyundai Tucson di Indonesia
Mobil Hyundai bekas yang kokoh dan dibanderol Rp 60 jutaan saja

Dengan harga tersebut, Tucson menawarkan fitur infotainment sekaligus keselamatan yang terbilang lengkap dibandingkan model lain pada eranya. Bagi Anda yang bingung tentang ketersediaan spare part-nya, Tucson merupakan salah satu model yang memiliki ketersediaan spare part oleh HMID.

Untuk masalah tampang, Tucson masih mengandalkan kesan jadul yang bongsor. Apalagi bantingan mobil yang cukup keras perlu diperhatikan. Sedangkan untuk mobil berusia hampir lebih dari 15 tahun ini, cek kembali kondisi kaki-kakinya sebelum membeli.

>>> HMID Bikin Gudang Spare Part Mobil Hyundai Bekas, Harga Sama Se-Indonesia

Kesimpulan

Di pasar mobil bekas Tanah Air, beberapa masalah mobil Hyundai bekas adalah harga jual kembali yang tidak begitu stabil. Tapi kehadiran warehouse dan gudang spare part Hyundai di Cikarang ini diharapkan bisa membuat harga mobil Hyundai bekas bisa bertahan seperti dengan pesaingnya asal Jepang atau Eropa.

Untuk membeli mobil bekas dengan umur lebih dari 10 tahun, jangan lupa untuk memperhatikan komponen mesin dengan cara menguji jalan atau test drive. Cek jika ada bunyi mengetuk pada mesin atau transmisi yang tersendat ketika dipindahkan. Jika bisa, periksa riwayat perawatan berkala kendaraan.

  • Share