Beli Mobil Bekas Kini Dikenakan PPN

  • Share

Rabu, 13 April 2022 – 10:16 WIB

Oto Mobile – Pemerintah resmi mengenakan pajak pertambahan nilai atau PPN untuk kegiatan jual beli mobil bekas. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 65 tahun 2022, tentang pajak pertambahan nilai atas penyerahan kendaraan bermotor bekas.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kementerian Keuangan, Neilmadrin Noor mengatakan bahwa ini bukan aturan baru, melainkan perubahan atas adanya besaran PPN yang dikenakan oleh pemerintah.

PMK ini merupakan penyesuaian, karena adanya perubahan tarif PPN yang diatur dalam Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

Selain itu, aturan itu juga dihadirkan sebagai penyederhanaan ketentuan lama mengenai pengenaan PPN atas penyerahan motor bekas.

Showroom motor bekas di Jakarta Selatan

Showroom motor bekas di Jakarta Selatan

Sebelumnya, pengenaan PPN tersebut berpedoman pada PMK Nomor 79/PMK.03/2010 tentang Pedoman Perhitungan Pengkreditan Pajak Masukan bagi Pengusaha Kena Pajak yang Melakukan Kegiatan Usaha Tertentu.

“Kami sederhanakan dari ketentuan lama untuk kendaraan bermotor bekas, agar dikenai PPN dengan besaran tertentu,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Oto Mobile Otomotif Rabu 13 April 2022.

  • Share