Mudik Lebaran Ada Lagi, Penjualan Bus Mercedes-Benz 2022 Diyakini ‘Cerah’ – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Usai performa yang tidak sesuai harapan tahun lalu, Mercedes-Benz percaya diri menghadapi pasar bus 2022. Salah satunya karena dibolehkannya kembali mudik Lebaran.

Tahun lalu, Mercedes-Benz menjual 583 unit bus di Indonesia, turun 38,89 persen dari 2020 yang mencapai 954 unit. Pangsa pasar mereka di segmen bus 10 ton ke atas pun sedikit drop dari 46,7 persen menjadi 45,8 persen.

Selain karena dampak pandemi yang masih cukup terasa pada 2021, penyebab penurunan tersebut adalah karena penundaan distribusi.

“Sebenarnya ekspektasi kami untuk bus tahun kemarin itu tutup di angka 600-an unit. Tapi, akhirnya turun karena salah satunya adalah ada bus yang kami tidak bisa kirimkan pada waktunya. Ada yang harusnya dikirimkan tapi diminta tunda sampai kuartal satu 2022,” papar Head of Product Management and Marketing PT. Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) Faustina menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam Buka Puasa Bersama Media, Selasa (12/4/2022) di Jakarta.

“Plus, ada satu model juga yang tidak sempat masuk di Indonesia,” tambahnya.

Pada 2022, Mercedes-Benz memiliki ekspektasi untuk tumbuh melebihi dua tahun belakangan. Mereka mematok target pangsa pasar di kategori bus 10 ton ke atas sebesar 50 persen atau lebih.

Pasalnya, pasar bus diprediksi bangkit tahun ini karena membaiknya pandemi ditambah kebijakan-kebijakan dari pemerintah.

Misalnya saja ‘kembalinya’ aktivitas mudik Lebaran Idul Fitri, setelah dua tahun dilarang karena kondisi pandemi.

“Tahun ini, kami melihat beberapa lompatan pasar besar terutama setelah Pak Joko Widodo bilang bisa mudik lalu ada libur serta cuti bersama Lebaran,” pungkas Faustina menyebut Presiden Indonesia tersebut.

President Director DCVI Jung-Woo Park, di dalam acara buka puasa bersama, mengatakan saat ini pihaknya juga terus mengetes bus berstandar Euro 4.

Peluncurannya diekspektasikan terjadi tahun depan, meski mulai April ini semua bus yang diproduksi harus sudah memiliki level emisi Euro 4.

“(Peluncuran bus Euro 4) tahun depan juga karena stok bus kami yang sudah ada sekarang banyak dan cukup memenuhi permintaan pasar,” bukanya.

Pada tahun bershio macan air ini, Mercedes-Benz diketahui berencana pula mendatangkan prototipe bus listrik untuk dites di Tanah Air.

Kemudian, mulai 2023, pabrikan otomotif asal Jerman tersebut dijadwalkan mulai memproduksi dan menjualnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share