Honda Tak lagi Pasang Starter Engkol di Motor Gara-gara Ini

  • Share

Selasa, 12 April 2022 – 21:07 WIB

Oto Mobile – Honda menjadi salah satu pabrikan otomotif, yang gencar menghadirkan sepeda motor baru di Indonesia. Jenisnya kebanyakan skuter matik, karena model tersebut memiliki pangsa pasar yang paling tinggi dengan angka sekitar 80 persen.

Dari semua model motor matik yang sudah diluncurkan oleh Honda, ada beberapa yang tidak lagi dibekali dengan starter engkol alias kick starter. Mengapa mereka melakukan hal itu?

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Reza Rezdie saat ini banyak dari pengguna motor matik yang jarang memanfaatkan komponen tersebut untuk menghidupkan mesin.

“Dari data survei tim pemasaran kepada konsumen, khususnya di segmen matik premium high, penggunaan kick stater sudah sangat jarang. Karena itu, kami eliminasi fitur tersebut,” ujarnya saat konferensi pers virtual belum lama ini, dikutip Oto Mobile Otomotif Selasa 12 April 2022.

Honda Vario 160.

Honda Vario 160.

Photo :

  • Septian Farhan Nurhuda / Oto Mobile.co.id

Lantas, bagaimana jika aki motor bermasalah? Reza menuturkan, bahwa AHM sudah menyiapkan fitur khusus untuk mendeteksi hal itu.

Fitur yang dimaksud adalah pembaca tegangan aki, yang biasa dikenal dengan sebutan volt meter. Tampilannya dibuat menyatu dengan panel instrumen, dan berbentuk logo.

  • Share