Suzuki Tebar Teaser Ertiga Baru, Pakai Hybrid!

  • Share
Jakarta

Suzuki bakal meluncurkan Suzuki Ertiga terbaru. Maruti Suzuki India merilis teaser Ertiga generasi terbaru. Berdasarkan bocorannya, Ertiga akan disematkan teknologi hybrid.

Di situs resmi Maruti Suzuki, terpampang teaser berupa siluet Suzuki Ertiga terbaru. Siluet itu dilengkapi dengan tulisan “The Next-Gen Ertiga Bookings Open”.

Ya, Maruti Suzuki di India telah menerima pemesanan Ertiga terbaru ini. Kabarnya, mobil ini akan mendapat penyegaran hingga menggunakan teknologi hybrid.

Di situs resminya, tak banyak informasi yang ada mengenai Ertiga terbaru ini. Maruti Suzuki menyebutkan beberapa teknologi penting yang akan diterima All-New Ertiga ini.

Pertama, Ertiga terbaru ini akan ditenagai oleh mesin K-series 1.5 liter Dual VVT generasi terbaru dengan Progressive Smart Hybrid Technology. Selain itu, powertrain akan mendapat manfaat dari transmisi otomatis enam percepatan baru lengkap dengan paddle shifter.

Mengusung teknologi hybrid, Ertiga terbaru ini akan lebih hemat bahan bakar daripada model saat ini.

“Dengan lebih dari 750.000 pelanggan yang senang, Ertiga telah menjadi game-changer di pasar MPV India. Kami dengan bangga memperkenalkan Ertiga generasi baru, yang mengubah gaya, ruang, teknologi, keamanan, kenyamanan, dan kemudahan bepergian bersama. Ertiga generasi berikutnya akan memiliki fitur-fitur canggih, powertrain yang ditingkatkan, dan transmisi otomatis 6-percepatan yang canggih. Kami yakin Ertiga generasi baru akan semakin memanjakan pelanggan, menawarkan mereka pendamping yang lebih hemat bahan bakar, bertenaga, berteknologi maju, dan bergaya untuk perjalanan jauh bersama orang yang mereka cintai,” kata Shashank Srivastava, Direktur Eksekutif Senior (Pemasaran & Penjualan) Maruti Suzuki Limited.

Saat ini, Maruti Suzuki India menerima pemesanan Ertiga 2022. Namun, tidak dijelaskan kapan mobil Ertiga Hybrid ini akan diluncurkan.

Dikutip Hindustan Times, ada bocoran mengenai Ertiga terbaru. Ada pilihan mesin bensin dan gas CNG. Untuk mesin bensin, Eriga terbaru ada varian Smart Hybrid dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis enam percepatan.

Sebelumnya, Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga telah memperkenalkan teknologi hybrid di Indonesia, tepatnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Memang tidak dijelaskan untuk mobil apa sistem hybrid tersebut. Namun, santer terdengar rumor bahwa Suzuki akan membawa Ertiga dan XL7 hybrid. Yang jelas, mobil hybrid Suzuki bakal diproduksi dalam negeri. Teknologi hybrid yang digunakan pun baru, bukan seperti pada Ertiga diesel hybrid.

Teknologi SHVS SuzukiTeknologi SHVS Suzuki Foto: (Dina Rayanti/detikOto)

Diharapkan dengan adanya teknologi ini, penggunaan BBM di mobil Suzuki hybrid bisa lebih hemat.

“Fungsi Suzuki Smart hybrid adalah kita tahu kondisi jalanan Indonesia cukup padat. Dengan adanya idling stop saat kendaraan berhenti akan mati, tidak akan adanya pembakaran jadi lebih hemat,” ungkap Product Development Head 4W Yulius Purwanto di JIExpo Kemayoran, Rabu (6/4/2022).

Selain idling stop, mesin Suzuki hybrid juga telah dilengkapi acceleration assist. Kedua kombinasi tersebut disebut dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

“Dengan adanya akseleration assist, di sini juga meningkatkan fuel efficiency mesin tidak akan ngos-ngosan mengejar putaran yg diharapkan. Dua hal ini kita harap bisa improve fuel efficiency,” tambah Yulius.

Simak Video “Mulai Rp 200 Jutaan, Segini Harga Suzuki Ertiga dan XL7 Setelah Diskon PPnBM
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

  • Share