UD Trucks Punya Cara Khusus Kurangi Emisi Gas Buang

  • Share

Selasa, 12 April 2022 – 15:22 WIB

OtoMobile.id – Mulai hari ini, standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel berlaku di Tanah Air. Banyak dari produsen kendaraan tengah bergerak, menyediakan produk yang semakin ramah lingkungan di 2022.

Salah satunya UD Trucks, yang baru saja memproduksi truk model terbaru yang sudah memenuhi standar dari pemerintah. Kendaraan besar dengan bak di belakang itu diberi nama Quester Euro 5.

Chief Executive, Winarto Martono mengatakan dalam produk terbaru itu mereka menghadirkan dua teknologi bernama Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Reciculation (EGR). Kedua teknologi tersebut untuk memenuhi standar emsisi gas buang yang ditetapkan pemerintah.

“Dalam mempertimbangkan kepentingan pengusaha truk di Indonesia, maka kami memutuskan menggunakan dua teknologi itu agar dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar Bio Solar dan tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5, ujarnya di Jakarta Selatan, dikutip OtoMobile.id Otomotif Selasa 12 April 2022.

Diketahui, truk terbaru ini masih menggunakan teknologi yang sama dari versi sebelumnya yakni pengabutan injeksi commonrail yang dipadukan teknologi SCR. Mesin itu didukung oleh cairan bernama Ad Blue, yang mampu mereduksi emisi gas buang.

Teknologi SCR dan Ad Blue dapat mengurangi kandungan NOx pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga seusai standar Euro 5. Bagi kendaraan pengguna cairan tersebut, apabila diisi satu liter bahan bakar diesel maka dapat digunakan untuk menempuh jarak 75 kilometer.

Cairan Ad Blue.

  • Share