Ketahui Etika Ketika Datang ke Pameran Otomotif

  • Share

Oto Mobile – Baru-baru ini, banyak ajang pameran otomotif diadakan di Indonesia. Berkunjung ke pameran otomotif sangat menyenangkan. Apalagi pengunjung bisa melihat secara langsung mobil yang keren, canggih, dan langka. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung tidak boleh berlaku sembarangan. Ada etika yang pengunjung perlu ketahui saat berada di pameran otomotif.

Belum lama ini, viral unggahan foto anak kecil yang melewatoi pembatas, memegang, dan berfoto dengan hypercar Koenigsegg Jesko. Hypercar asal Swedia tersebut dipamerkan pada TDA Luxury Autoshow di Atrium Mal PIK Avenue. Perlu diketahui bahwa Koenigsegg Jesko merupakan mobil yang langka. Mobil yang dibawa hanya 2 unit di Indonesia ditenagai dengan mesin V8 berkapasitas 5.000 cc twin turbo. Agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pengunjung perlu menjaga situasi yang kondusif dan mengetahui etika saat berkunjung di pameran otomotif.

Jangan Menyentuh Sembarang Mobil

Para pengunjung tentu ingin mengenal lebih dekat dengan berbagai mobil, khususnya mobil yang memiliki fitur keren dan canggih. Bahkan para pengunjung ingin masuk ke dalam mobil agar dapat menjadi pertimbangan untuk mobil tersebut. Namun, tidak semua booth memperbolehkan untuk menyentuh mobil. Oleh karena itu, lebih baik untuk tidak menyentuh atau memasuki mobil sebelum diberikan izin oleh penggelar pameran. Benda seperti kancing, jam tangan, sabuk, atau bahkan kuku dapat meninggalkan bekas pada cat mobil.

Menolak dengan Halus Tawaran Sales

Ketika memasuki booth pameran, pengunjung pasti disambut oleh sales yang menawarkan mobil. Ketika pengunjung ttidak berniat untuk membeli mobil, lebih baik untuk menolak secara halus. Hal ini dilakukan agar sales merasa dihargai.

Baca Juga: IIMS Recap: Ini Daftar Mobil yang Rilis di IIMS 2022

Berikan Ruang Untuk Orang yang Hendak Mengambil Gambar

Setiap pengunjung yang dapat ke pameran otomotif pasti ingin mengabadikan gambar mobil yang keren. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke pameran otomotif usahakan untuk memperhatikan sekeliling jika ada yang ingin mengambil gambar. Ketika sudah mengambil gambar atau tidak mengambil gambar, pengunjung harus memberikan ruang bagi pengunjung lain untuk mengambil gambar. Jangan menghalangi orang lain saat ingin mengambil gambar.

Buanglah Sampah pada Tempatnya

Beberapa pameran otomotif mengizinkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Namun hal yang perlu diingat bagi pengunjung adalah tidak boleh membuang sampah sembarangan. Jagalah area pameran tetap bersih, apalagi saat berada di dalam mobil yang dipamerkan. Apabila di sekitar tidak ada tempat sampah, sebaiknya sampah disimpan terlebih dahulu pada kantong atau tas.

Jangan Menghina Kendaraan Orang Lain

Apabila menemui kendaraan yang tidak sesuai degan selera, hindari menghina kendaraan milik orang lain. Pengunjung disarankan untuk bertanggung jawab saat berbicara. Tidak masalah untuk memiliki opini, namun tidak perlu diungkapkan karena orang lain belum tentu senang mendengarnya.

  • Share