Ikut Lelang Kunci Mobil McLaren F1 Seharga DP Toyota Veloz? Cek Disini

  • Share

Sebuah kunci mobil McLaren F1 yang diproduksi pada tahun 1995 ketika pabrikan tersebut memenangkan Le Mans dibanderol seharga DP Toyota Veloz dalam lelang.

Awalnya tak ada yang menarik dari kunci mobil ini. Tampilannya klasik dan tentu saja belum dipenuhi dengan beragam tombol canggih layaknya kunci mobil baru saat ini. Tapi siapa sangka jika banderol untuk mendapatkannya jauh melebihi harga kunci mobil lainnya, bahkan bisa untuk DP Toyota Veloz edisi terbaru?

Hanya ada 7 di seluruh dunia

Ini merupakan bukan kunci mobil sembarangan. Usut punya usut, ini adalah kunci McLaren F1 GTR LM, salah satu kendaraan paling berpengaruh sepanjang masa. Dibuat pada tahun 1995 untuk merayakan kemenangan Le Mans bagi McLaren, hanya enam unit yang diproduksi, dan lima yang pernah dijual ke publik.

kunci mobil McLaren yang ada di lelang
Tampilannya memang tak begitu berbeda dengan kunci mobil lainnya

>>> Mau Mudik Gratis? Kemenhub Akan Buka Programnya di Akhir Bulan April

Tentu saja dengan segala sejarahnya, berapa harga kunci untuk satu mobilnya? Inilah yang sedang diperebutkan penggemar dan kolektor otomotif pada lelang di Collecting Cars. Dimana penawaran tertinggi saat ini mencapai AU$4.000 (sekitar Rp 42 jutaan), setara dengan banderol yang bisa Anda keluarkan untuk DP Toyota Veloz.

Dilansir dari laman tersebut, lelang ini dilakukan secara pribadi di Auckland, Selandia Baru dan akan ditutup hari ini (12/4/2022), pada pukul 17.00 WIB. Sudah ada 24 orang yang melakukan penawaran. Dan bukan tidak mungkin harga yang dipasang akan meningkat menjelang ditutupnya waktu lelang.

>>> IIMS Hybrid 2022 Konsisten Tampilkan Keseruan Hingga Hari Kesepuluh

Tampilannya sederhana

Kuncinya memang tidak menggambarkan kemewahan. Hanya bilah logam dengan pegangan plastik pada bagian ujungnya. Satu-satunya hal yang membedakannya dengan kunci mobil lainnya yaitu aksen membulat berwarna kuning dengan tulisan LM.

kotak kunci mobil McLaren F1
Kotak serat karbon yang membuatnya berbeda

Namun yang membuat kunci ini menarik sebenarnya adalah kotak serat karbon yang dibuat khusus untuk menyimpan kunci tersebut. Dibuat dalam empat bagian terpisah, kotaknya dilengkapi dengan magnet di antara setiap lapisan dan dipasang dengan sekrup perak. Engsel dan sekrup tidak dipasang pada kotak kunci ini, tapi sudah termasuk dalam penjualan bersama dengan setifikat keasliannya.

Sayangnya, ini bukanlah kunci salah satu dari enam F1 LM yang tersebar di seluruh dunia. Tapi hanya kunci prototipe yang menjadi dasar dari kunci lainnya. Namun tak menutup fakta bahwa kunci mobil ini merupakan barang asli dan hanya ada satu dari tujuh kunci lainnya di seluruh dunia.

>>> Dapatkan harga mobil baru dan promo menarik lainnya di sini

  • Share