Suzuki Rilis V-Strom 250, Motor Petualang Harga Rp 40 Jutaan

  • Share
Jakarta

Suzuki merilis motor petualang baru yang cocok untuk melawan Kawasaki Versys 250 atau KTM Duke 250 Adventure. Motor anyar yang dirilis di India ini ialah Suzuki V-Strom SX.

V-Strom SX merupakan motor entry level dari V-Strom Series. Seperti diketahui V-Strom punya kapasitas mesin 650 hingga 1.000 cc.

V-Strom SX merupakan motor petualang yang masih satu darah dengan Gixxer 250, motor sport touring yang juga dijual di Indonesia.

Tampang dari V-Strom SX mengeluarkan aura petualang, mulai dari penggunaan suspensi yang lebih panjang, windscreen berukuran tinggi, hingga moncong bebek alias high front fender. Desain paruh motor sport adventure tourer ini terinspirasi dari model DR-Z racer.

Suzuki V-Strom SXSuzuki V-Strom SX Foto: Suzuki India

Tak lupa penggunaan velg belang atau beda ukuran juga membuat motor ini terlihat menarik, di mana velg depan 19 inci dan belakang 17 inci.

Soal fitur, V-Strom SX hadir dengan dilengkapi beragam fitur seperti di Gixxer 250 SF, seperti LED headlight, LED taillight, ABS dual-channel, Easy-Start-System untuk memudahkan pemilik menghidupkan mesin, serta Digital Instrument Cluster yang informatif.

Menariknya, V-Strom sudah bisa terkoneksi dengan smartphone dengan bluetooth berkat penggunaan fitur Suzuki Ride Connect. Fitur ini bisa melihat navigasi, pesan, whatsapp, indikator baterai smartphone, dan estimasi waktu perjalananan.

Suzuki V-Strom SXSuzuki V-Strom SX Foto: Suzuki India

Untuk menunjang mobilititas, V-Strom juga dibekali USB Outlet pada bagian sebelah kiri untuk mengisi gadget.

Dari segi performa, V-Strom SX mirip-mirip dengan Gixxer 250 SF, yakni menggunakan mesin 4 tak, satu silinder, berpendingin oli, SOHC berkapasitas 249 cc. Di atas kertas, V-Strom SX bisa memuntahkan tenaga sebesar 26, 5 PS di 9.300 rpm, dan torsi maksimal 22,2 Nm di 7.300 rpm.

Sama seperti Gixxer SF 250, motor ini juga didukung teknologi pendinginan Suzuki Oil Cooling System (SOCS) yang diklaim memberikan impresi performa dan durabilitas yang tinggi. Teknologi SOCS membuat total bobot mesin menjadi lebih ringan, sehingga berpengaruh pada kemampuan manuver yang mudah bahkan pada kecepatan tinggi.

V-Strom SX dijual di India dalam tiga pilihan warna, yakni kuning, oranye, dan hitam. Motor ini dibanderol 2,11 lakh atau sekitar Rp 40 jutaan.

“All-New V-Strom SX telah diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pengendara yang menyukai sport adventure tourer yang serba bisa. V-Strom SX akan sangat cocok untuk berkendara di kota dan jalan raya serta menjelajahi berbagai jenis medan petualangan dengan sepeda motor,” kata Satoshi Uchida, Managing Director, Suzuki Motorcycle India, dalam siaran resminya, dikutip Selasa (12/4/2022).

Well, kalau dipasarkan di Indonesia, tertarik meminangnya detikers?

Simak Video “Irit Banget! Skutik Baru Suzuki Ini Tembus 100 km/liter
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

  • Share