Tertarik Beli Mobil China Chery? Ini Rencana Pengembangan Diler di Indonesia – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Chery kembali ke Indonesia dengan strategi jauh lebih serius. Selain bangun pabrik, mereka bersiap sebar ratusan diler dalam dua tahun.

Sales and Dealer Network Development Director PT. Chery Motor Indonesia (CMI) Zeng Shou mengungkapkan pihaknya berencana membuka 100 diler dalam waktu dua tahun dari sekarang.

Seluruh diler tersebut akan memiliki fasilitas sales, service, spare parts (penjualan, servis, suku cadang). Sebanyak 70 persennya ditargetkan hadir pada 2022.

“Akhir tahun ini kami rencananya mencapai 70 diler dulu. Ada di Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan Bali. Kota-kota besar semuanya,” kata dia dalam konferensi pers di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, 31 Maret-10 April kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

mobil Chery

Dalam pameran otomotif tersebut, Chery mengumumkan kehadiran kembali mereka di pasar otomotif Tanah Air.

Mereka pun memamerkan enam model yakni Tigo 4 Pro, Tigo 7 Pro, Tigo 8 Pro, Omoda 5, Skytour, plus mobil listrik murni EQ 1.

Meski belum resmi meluncur, para pengunjung sudah bisa melakukan pre-booking untuk tiga model yakni Tigo 7 Pro, Tigo 8 Pro, atau Omoda 5.

Shou mengatakan seluruh model Chery yang nantinya dijual di Indonesia akan diproduksi secara lokal. Untuk menyokong ketersediaan suku cadangnya, Chery telah mendirikan gudang suku cadang.

“Kami sudah bangun satu warehouse spare parts center di Jakarta,” tandasnya.

Chery Tigo 7 Pro

Diberitakan sebelumnya, Marketing and Product Director CMI Major Qin menjelaskan aktivitas produksi lokal mereka akan terbagi dalam beberapa tahap. Pertama adalah perakitan lokal dengan memanfaatkan pabrik milik partner lokal di Jabodetabek mulai Juni 2022.

Bersamaan dengan itu, Chery juga mempersiapkan pembangunan pabrik mereka sendiri yang saat ini sedang didiskusikan bersama dengan pemerintah.

Produksi lokal di pabrik yang akan menjadi basis produksi untuk Asia Tenggara itu dijadwalkan berlangsung mulai 2024.

Tahun ini, lanjut Qin, Chery meluncurkan empat model terlebih dahulu. Mereka memulai dengan Tigo 7 Pro pada Juni, dilanjutkan dengan Tigo 8 Pro, Skytour, Omoda 5.

Chery sebelumnya pernah mencoba peruntungan di Indonesia, tepatnya pada awal 2000-an. Namun, ketika itu, mereka masuk melalui distributor lokal dan bukan prinsipal langsung. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share