Begini Cara Aman Melewati Perlintasan Kereta Api

  • Share

Oto Mobile – Beberapa ruas jalan di Indonesia dilewati oleh lintasan rel kereta. Meskipun sudah menggunakan palang pintu, tidak sedikit pula perlintasan kereta di beberapa wilayah tidak menggunakan palang. Apabila pengguna jalan tidak berhati-hati saat melintasi jalan tersebut, maka akan mengancam nyawa dan keselamatan berkendara. Kereta bukanlah transportasi yang mudah melakukan rem tiba-tiba. Oleh karena itu, berikut ini adala beberapa cara aman melewati perlintasan kereta api.

Hati-hati dan Kurangi Kecepatan Mobil

Saat melewati perlintasan kereta api, usahakan tidak tergesa-gesa dan tingkatkan kewaspadaan. Tengok dulu bagian kanan dan kiri sebelum melewati perlintasan kereta. Pastikan tidak ada kereta yang melintas sebelum melewati perlintasan tersebut. Apabila palang berbunyi, maka pengemudi wajib berhenti dan mendahulukan kereta api. Selain itu, kondisi kontur di perlintasan kereta berbeda dengan kontur jalan biasa. Kondisi jalan umumnya menanjak dan agak licin, terlebih apabila jalan yang dilintasi berlubang dan bergelombang. Oleh karena itu, pengemudi harus berhati-hati saat melewati jalur perlintasan. Jangan langsung menginjak pedal gas sebelum mobil benar-benar melalui area perlintasan kereta api.

Jaga Jarak Aman

Salah satu cara agar aman berkendara saat melewati perlintasan kereta api adalah dengan menjaga jarak aman. Hal ini mencegah mobil berhenti di tengah perlintasan akibat kemacetan. Sebaiknya mobil berhenti terlebih dahulu sembari menunggu mobil depan menyeberang dengan aman. Selain itu, apabila mobil dalam keadaan berhenti, pengemudi disarankan untuk berhenti agak jauh dari palang pintu. Berhentikan mobil kurang lebih 1 meter dari palang pintu.

Baca Juga: Tips Berkendara dengan Mobil Matic: Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi Ini ketika Berhenti Sejenak

Jangan Panik Ketika Ada Masalah Saat Melewati Perlintasan Rel Kereta

Ketika mobil mogok di tengah perlintasan kereta api, janganlah panik. Periksa panel instrumen terlebih dahulu untuk memastikan adanya masalah. Posisikan gigi ke dalam gigi netral, lalu coba untuk menyalakan ulang mesin kendaraan. Jika mobil masih bermasalah, mintalah petugas untuk mendorong mobil keluar dari jalur perlintasan kereta api. Apabila kereta mendekat, segera tinggalkan mobil.

Waspada Saat Melewati Perlintasan Kereta Api yang Tidak Sejajar

Rel kereta api yang tidak sejajar tentu sangat membahayakan mobil karena berpotensi tergelincir jika melaju terlalu kencang. Pengemudi mobil disarankan untuk memposisikan roda mobil sejajar dengan rel kereta. Apabila kondisi tidak memungkinkan, pastikan kecepatan cukup rendah saat melewati perlintasan rel kereta api.

  • Share