Malaysia Mau Tiru China Kembangkan Transportasi dan Cegah Banjir

  • Share
Jakarta

Malaysia tampaknya bakal memanfaatkan keahlian China dalam pembangunan instrastruktur di dunia transportasi. Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Wee Ka Siong menyebut infrastuktur transportasi China dan jaringannya merupakan salah satu yang bisa ditiru oleh banyak negara.

Hal itu diungkap Wee usai menerima kunjungan Duta Besar China untuk Malaysia, Ouyang Yujing. Pada pertemuan tersebut, keduanya banyak membahas proyek infrastruktur yang tengah berjalan.

“Dengan adanya tender terbuka untuk proyek MRT3 pada bulan Mei, Kementerian Transportasi Malaysia mendapat tanggung jawab untuk melakukan feasibility study pada proyek High Speed Rail (HSR). Saya percaya kita bisa belajar banyak dari pengalaman dan kemampuan profesional China dalam aspek tersebut,” ungkap Wee Ka Siong dalam akun Facebooknya seperti dikutip Paultan.

Wee mengatakan pihaknya bisa meniru kesuksesan cerita China dalam memperkuat infrastruktur transportasi, perencanaan, dan juga manajemen. Di sisi lain, Wee juga menyarankan agar Malaysia bisa berkonsultasi dengan China terkait banjir yang melanda sejumlah titik pada Desember 2021.

Sekadar kilas balik, Malaysia sempat dilanda banjir besar di sejumlah negara bagiannya. Tercatat ada beberapa wilayah Malaysia yang terendam banjir yaitu Kelantan, Terengganu, Pahang, Johor, Malaka, Negeri Sembilan, dan Sabah.

Sebanyak 125.490 orang dari tujuh negara bagian tersebut harus dievakuasi karena banjir. Selain itu, diketahui ada 50 orang tewas karena banjir sementara beberapa dilaporkan hilang.

Selain menyebabkan ribuan masyarakat harus dievakuasi, banjir juga membuat ribuan kendaraan hanyut.

“Seperti kolaborasi yang mencerminkan persahabatan antar dua negara yang bersiap untuk menolong satu sama lain di waktu-waktu yang sulit,” beber Wee.

Simak Video “Diguyur Hujan Lebat 2 Hari, Malaysia Dilanda Banjir
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

  • Share