Ikuti Jejak Tentrem, Bus Baru New Armada Pakai Kaca Spion Kamera

  • Share
Jakarta

Karoseri New Armada membuat inovasi dalam produk bus terbarunya, Skylander R22. Bus New Armada Skylander R22 kini mengusung teknologi kaca spion kamera, mirip seperti teknologi yang ada di bus UHD Tentrem Avante D1. Seperti apa kecanggihan kaca spion dengan teknologi kamera ini?

Sebagai informasi, teknologi kaca spion kamera di kendaraan niaga Indonesia kali pertama digunakan di truk Mercedes-Benz Actros 2642 yang dipasarkan PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI).

MirrorCam pengganti kaca spion konvensional di truk Mercedes-Benz ActrosMirrorCam pengganti kaca spion konvensional di truk Mercedes-Benz Actros Foto: Dok. Daimler

Setelah di truk, teknologi spion canggih yang disebut MirrorCam ini mulai digunakan pada bus. Karoseri Tentrem asal Malang memakai teknologi kaca spion ini di produk bus UHD (Ultra High Decker) terbarunya, Avante D1, yang dirilis pada akhir 2021 lalu.

Secara fungsi, MirrorCam akan mengganti peran kaca spion konvensional dengan kamera. Kamera kamera ini akan memberikan fungsi layaknya kaca spion dengan menampilkan kondisi luar melalui dua layar digital yang ada di sisi kanan dan kiri pengemudi.

Sebagai gambaran, pada truk Mercedes-Benz Actros 2642, MirrorCam menawarkan beberapa keunggulan, yang paling jelas adalah membuat kendaraan jadi tampak bersih di bagian depan karena tidak adanya kaca spion konvensional yang besar. Di samping itu, hilangnya kaca spion konvensional juga membuat hambatan jadi berkurang, sehingga kendaraan menjadi lebih aerodinamis, yang berarti tentunya akan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar.

PO Harapan Jaya resmi mengoperasikan bus Avante D1 buatan karoseri TentremPO Harapan Jaya resmi mengoperasikan bus Avante D1 buatan karoseri Tentrem Foto: Dok. Tentrem

Fungsi berikutnya dari fitur ini adalah untuk membantu pengemudi untuk melihat titik-titik pandang yang tidak bisa digapai oleh kaca spion konvensional. Karena bisa menjangkau area lebih luas, MirrorCam bisa memperlihatkan beberapa titik buta. Kemudian ketika mencoba untuk belok, pengemudi akan mendapatkan pandangan yang optimal dengan memberikan tampilan dari sisi samping kendaraan, melengkapi sistem kaca spion eksternal.

MirrorCam juga membantu memberikan gambaran lebih jelas tentang lalu lintas di belakang. Beberapa hal lain yang dapat diatur oleh pengemudi melalui fitur MirrorCam secara individual adalah untuk menunjukkan ujung dari sisi kendaraan sehingga membuat manuver presisi menjadi lebih mudah, sistem beralih ke mode night vision saat malam hari, serta memberikan tampilan manuver khusus saat putar balik.

MirrorCam pengganti kaca spion konvensional di truk Mercedes-Benz ActrosMirrorCam pengganti kaca spion konvensional di truk Mercedes-Benz Actros Foto: Dok. Daimler

(lua/lth)

  • Share