Ada yang Mengejutkan dari Penjualan Mobil di Indonesia

  • Share

Senin, 11 April 2022 – 16:07 WIB

OtoMobile.id – Angka penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia pada bulan kemarin, berhasil menembus pencapaian yang luar biasa, tertinggi dalam kurun waktu dua tahun terakhir. 

Pada Maret kemarin, jumlah mobil yang didistribusikan dari pabrik ke diler yakni sebanyak 98.524 unit, sementara pengiriman dari diler ke konsumen di bulan yang sama mencapai 89.811 unit.

Jumlah itu, baik wholesales maupun retail sales berhasil mencapai angka penjualan industri otomotif Indonesia pada kondisi normal, yang terjadi sebelum pandemi.

Dengan adanya pencapaian itu, Asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo atas nama industri otomotif Indonesia menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian atas dukungan lewat berbagai kebijakan yang mendorong bangkitnya industri otomotif Indonesia. 

Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.

Perakitan mobil Toyota Kijang Innova di pabrik TMMIN.

Photo :

  • Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

Kebijakan yang sudah digulirkan, seperti Pajak Barang Mewah atau PPnBM Ditanggung Pemerintah berhasil membangun gairah pasar dan mendorong tingginya permintaan.

Kebijakan tersebut juga menggerakkan kembali UKM industri pendukung, dan juga ekosistem seluruh lini industri otomotif Indonesia.

  • Share