Honda Waswas Lockdown Shanghai Bikin Inden HR-V di Indonesia Makin Lama – Berita Otomotif

  • Share

JAKARTA – Inden All New Honda HR-V di Indonesia bisa sampai Agustus 2022 gara-gara krisis cip semikonduktor. Lockdown di Shanghai, China pun bikin waswas.

Sekadar mengingatkan, HR-V generasi kedua mengaspal di Indonesia pada 23 Maret 2022. Ada empat varian yang dipasarkan yakni S CVT, E CVT, SE CVT, RS Turbo CVT.

Per April 2022, harga on the road (OTR) Jakarta All New HR-V Rp358,9 juta hingga Rp503,9 juta.

Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan inden HR-V generasi kedua paling lama empat sampai lima bulan. Ini antara lain terjadi di kota besar seperti Jakarta.

“HR-V yang RS Turbo sudah sampai Agustus, ya. Yang varian SE juga sekitar juga sampai Agustus,” ucap dia mencontohkan, dalam konferensi pers di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, 31 Maret-10 April kemarin di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Honda HR-V 2022

Billy mengakui Honda masih berjuang menyelesaikan masalah krisis cip semikonduktor yang turut berdampak pada produksi maupun distribusi model-model yang dijual di Tanah Air.

Dua bulan pertama distribusi HR-V terbaru kepada diler dan konsumen saja ‘cuma’ 2.800 unit–1.500 pada Maret dan 1.300 pada April. Padahal, hingga 6 April 2022, pemesanan All New HR-V sudah mencapai 5.195 unit.

Lockdown tanpa batas waktu di Shanghai karena melonjaknya kasus penularan Covid-19 membuat Honda makin waspada terhadap isu krisis cip semikonduktor.

Pasalnya, ada komponen-komponen yang memang didatangkan dari ‘Negeri Tirai Bambu’.

“Kami memonitor terus perkembangannya. Kami tidak tahu ke depan ada apa lagi. Pandeminya di Shanghai tinggi, sehingga lockdown lagi. Makanya kami ada pertemuan tiap minggu dengan kantor region. Kami berjanji produksi sebanyak-banyaknya dan mengirimkan secepat-cepatnya,” tegas Billy.

“Kami mohon maaf kepada konsumen HR-V yang terpaksa harus menunggu untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan. Tapi, kami yakin konsumen HR-V ini adalah konsumen yang mau menunggu untuk sesuatu yang lebih baik,” ujarnya lagi.

Honda HR-V 2022

Target penjualan All New HR-V sendiri 35 ribu unit setahun atau sekitar 3.000 unit per bulan. Billy mengakui penjualan model ini sekarang masih jauh dari target gara-gara krisis cip semikonduktor.

Namun, dia masih yakin lambat laun produksi maupun distribusi bisa digeber dan target satu tahun dapat tercapai.

“Target ditetapkan memang berdasarkan apa yang akan kami dapatkan alokasinya… Target itu berdasarkan alokasi suku cadang (dari prinsipal),” pungkas dia. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

  • Share