Kehebatan Mobil Listrik Chery EQ1 yang Bakal Masuk Indonesia

  • Share

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 jadi ajang bagi PT Chery Motor Indonesia kembali memperkenalkan ke khalayak masyarakat di Indonesia.

Nah, selama pameran yang berlangsung 31 Maret-10 April 2022 kemarin, dari lima produk Chery tampilkan, ternyata ada mobil listrik yaitu Chery EQ1.

Dengan tampilan warna merah muda, Chery EQ1 yang memiliki bentuk mungil cukup menyedot perhatian pengunjung IIMS Hybrid 2022.

Bahkan menurut President Director PT Chery Motor Indonesia, Tao Yong, selama IIMS Hybrid 2022 berlangsung, EQ1 mendapat respon yang sangat baik dari para pengunjung.

“Pada dasarnya konsumen sudah sangat tertarik dengan kendaraan listrik, kemudian mereka melihat tampilan dan fitur-fitur yang dimiliki EQ1 dan semakin antusiasme untuk melakukan pre-booking,” ungkap Tao Yong.

Hanya saja, Tao Yong menyatakan, saat ini Chery lebih memprioritaskan pre-booking untuk seri SUV yang perkiraan jadwal peluncurannya lebih dekat.

Namun begitu, Tao tak menampik jika mobil listrik bisa dijual Indonesia. 

Bahkan, mobil ramah lingkungan ini tidak hanya sekedar menaikan penjualan Chery secara global, akan tetapi jadi salah satu basis produksi kendaraan listrik. 

Keunggulan Chery EQ1

Tampang depan Chery EQ1. (Herdi Muhardi)

Mobil listrik Chery EQ1 merupakan model kendaraan listrik murni pertama yang panjang 3.200 mm, lebar 1.670 mm, tinggi 1.550 mm, dan wheelbase 2.150 mm.

Chery EQ1 dikembangkan dengan bodi aluminium ringan mengadopsi konsep “Bionic Bird Bone”. 

Dengan material tersebut mobil ini memiliki standar keselamatan bintang lima C-NCAP, yang artinya mobil ini cukup aman termasuk pada ruang kabin dan meningkatkan perlindungan saat tabrakan sebesar 30-50 persen.  

Rangka aluminium ringan EQ1 juga sangat unik karena mampu mengurangi bobot sampai 30 persen dan kepadatan sebesar 20 persen, alhasil mempengaruhi terhadap konsumsi energi yang lebih rendah.

Chery mengklaim, bahwa EQ1 yang memiliki dua pintu dan mampu menampung empat orang penumpang, merupakan mobil yang memiliki ketahanan, kecerdasan, keselamatan, efisiensi, dan penampakannya yang lebih kokoh.

Fitur

Interior Chery EQ1. (Herdi Muhardi)

Untuk model terbaru EQ1 sendiri sudah dilengkapi dengan tombol untuk parkir otomatis, pusat pengontrol satu tombol, start AC jarak jauh, dan pusat pengisian daya yang secara keseluruhan menampilkan kenyamanan. 

Chery EQ1 juga memiliki layar LCD lebar berukuran 10 inci, dengan kelebihannya yaitu interaksi implementasi suara cerdas Artificial Intelligence, wireless charger, dan Baidu Car-Life+4GWi-Fi yang dapat membantu pengguna terkoneksi secara online.

Meski mungil, namun Chery EQ1 disebut-sebut telah dijejali rem Anti Lock Braking System (ABS), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Hill Assist Control (HAC), Hill Descent Control (HDC), dan Power Battery Protection System.

Performa

Tampak depan Chery EQ1. (Herdi Muhardi)

Untuk jantung pacu, Chery EQ1 telah dilengkapi motor listrik penggerak Permanent Magnet Synchronous dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 30,6 kWh.dengan tenaga maksimum 40,7 dk dan torsi 120 Nm. 

Jika baterai terisi penuh, maka jarak tempuh bisa mencapai 301 kilometer. Adapun soal pengecasan baterai EQ1 dapat dicas 30-80 persen cukup 30 menit. 

Untuk baterainya, Chery telah meningkatkan ketahanannya ke level IP68, dengan perlindungan anti debu, anti-air, dan anti benturan pada setiap sisinya, serta sistem sensitivitas pendingin yang baik dan perlindungan keselamatan tegangan tinggi. 

Dengan adanya perlindungan ganda sebagai basis keselamatan dan didukung oleh fitur keselamatan aktif dan pasif membuat pengendaranya selalu terlindungi dan aman.

OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

  • Share