Honda Mobil Jual Mobilio, tapi Cuma Laku Segini

  • Share
Jakarta

PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan masih menjual MPV Honda Mobilio. Buktinya, Honda Mobilio masih tercatat dalam data penjualan meski jumlahnya sangat sedikit.

Dalam laporan data penjualan Honda, pabrikan mobil asal Jepang itu mencatat penjualan mobil sebanyak 9.554 unit pada Maret 2022, lebih tinggi sebesar 11%. Penjualan itu didominasi oleh Honda Brio dan Honda BR-V.

Honda Brio meraih penjualan tertinggi dengan total 5.106 unit, yang terdiri dari Honda Brio Satya sebesar 3.522 unit dan Honda Brio RS sebesar 1.584 unit. Sementara Honda BR-V berkontribusi sebesar 19% dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 1.780 unit di bulan Maret.

Lalu bagaimana dengan Honda Mobilio? Data yang dirilis Honda mencatat, Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 10 unit. Sedikitnya penjualan Honda Mobilio disebutkan karena terdampak krisis semikonduktor.

“Mobilio dengan Brio itu komponennya almost the same (sebagian besar sama), apalagi yang bermasalah itu sama, yang terkena chip semikonduktor. Jadi kami fokus ke Brio dulu yang permintaannya masih tinggi nih, 3-4 bulan indennya. Jadi itu kami fokuskan dulu sembari kita lihat demand-nya Mobilio,” kata Billy di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta belum lama ini.

Lanjut Billy menambahkan, saat ini pihak HPM hanya menjual satu tipe Honda Mobilio, yakni tipe S M/T. Model ini tetap dipertahankan produksinya lantaran demand atau permintaannya masih cukup tinggi, khususnya dari kalangan fleet atau armada.

“Mobilio di website kami sekarang masih S manual ya, karena (varian) itu yang masih diinginkan konsumen, dan 87% itu fleet, korporasi (pasarnya). Ini yang diminta, S manual, yang termurah,” sambung Billy.

Sementara itu, model lain yang memberikan kontribusi penjualan pada bulan Maret 2022, yaitu New Honda CR-V dengan total 989 unit, Honda City Hatchback RS sebesar 648 unit . Pada jajaran mobil sedannya, All New Honda Civic RS mencatatkan penjualan sebesar 113 unit, All New Honda City sebesar 78 unit serta Honda Accord sebesar 16 unit. Sementara itu, produk terbaru yang diluncurkan Honda pada akhir bulan Maret lalu yaitu All New Honda HR-V, langsung menyumbangkan penjualan retail sebesar 814 unit.

“Sejalan dengan aktivitas masyarakat yang terus meningkat, pasar otomotif di bulan Maret juga mengalami peningkatan dibanding bulan Februari. Selain itu, peluncuran produk-produk baru dan beberapa pameran otomotif di bulan Maret ikut membantu menjaga permintaan konsumen tetap tinggi. Pemesanan untuk All New Honda HR-V telah menembus lebih dari 5.000 unit dalam kurun waktu dua minggu setelah diluncurkan pada tanggal 23 Maret 2022 lalu. Karena keterbatasan komponen untuk produksi saat ini, kami mohon maaf jika konsumen harus menunggu lebih lama untuk All New Honda HR-V, dan kami akan terus memaksimalkan produksi untuk segera dapat memenuhi semua pemesanan konsumen,” kata Billy.

Simak Video “Honda Cuma Jual Mobilio Tipe S Transmisi Manual, Kenapa?
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

  • Share